nusabali

Rp 1,2 Miliar untuk Meterisasi PJU Jembrana

  • www.nusabali.com-rp-12-miliar-untuk-meterisasi-pju-jembrana

Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Jembrana melanjutkan program meterisasi penerangan jalan umum (PJU) dengan menyiapkan anggaran Rp 1,2 miliar.

NEGARA, NusaBali

Sebanyak 2.866 titik PJU se-Kabupaten Jembrana akan dilengkapi meteran, sehingga bisa melakukan pembayaran sesuai penggunaan. Kadis PKP Jembrana I Made Dwi Maharimbawa, mengatakan pemasangan meteran tersebut memang sangat penting berkenaan sistem pembayaran penggunaan setrum ke PLN. Dengan sistem pembayaran sebelum dipasang meteran, Pemkab Jembrana merasa agak keberatan karena membayar hitung-hitungan penggunaan selama 24 jam. Padahal, kenyataan tidak semua PJU dinyalakan selama 24 jam. “Dengan sudah dilengkapi meteran, nanti pembayaran sesuai pemakaian,” katanya, Jumat (19/1).

Menurutnya, meterisasi ini sebenarnya sudah dilakukan secara bertahap setiap tahun, sebelum urusan PJU diterima Dinas PKP Jembrana dari Bagian Perlengkapan Pemkab Jembrana mulai 2017 lalu. Dari meteran yang sudah dipasang itu, terbukti membuat tagihan pembayaran PJU yang dulu bisa mencapai Rp 12,3 miliar per tahun, telah berkurang menjadi sekitar Rp 9,8 miliar per tahun. “Nanti setelah semua dipasang meteran, kami targetkan untuk pembayaran PJU ini tidak lebih dari Rp 7 miliar per tahun,” ujarnya.

Selain meterisasi, kata Maharimbawa, pihaknya juga akan mengganti sejumlah PJU yang masih menggunakan lampu mercury dengan LED, dengan menyediakan anggaran sebesar Rp 400 juta. Pergantian jenis lampu itu juga bagian penghematan dan meningkatkan daya tahan lampu. “Nanti tetap akan gunakan yang 100 Watt. Namun kalau mercury yang 100 Watt, biasanya memakai daya sampai 250 Watt. Tetapi kalau LED, dijamin sama dayanya. Kemudian kekuatannya, yang mercury kadang cepat rusak, belum ada beberapa bulan sudah harus diganti. Sedangkan LED bisa bertahan sampai bertahun-tahun,” jelasnya. *ode

Komentar