nusabali

Rumah Kost Semi Permanen Terbakar

  • www.nusabali.com-rumah-kost-semi-permanen-terbakar

Rumah kost semi permanen yang berada di Jalan Raya Pudak Sari, Gang I Nomor 2, Banjar Kubu Alit, Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung hangus dilalap api, Rabu (17/1).

Kebakaran juga Menimpa Bengkel Moge


MANGUPURA, NusaBali
Rumah kost yang terdiri dari 8 kamar yang dihuni oleh 5 orang itu terbakar pada pukul 18.35 Wita. Informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengatakan, sesaat setelah menerima laporan timnya langsung menuju ke tempat kejadian. Regu pemadam tiba dilokasi pada pukul 18.47 Wita.

Meski tim pemadam berjibaku menjinakkan api, namun rumah kost 8 kamar yang berada pada lahan seluas 2 are itu tak dapat diselamatkan. Banyaknya benda yang mudah terbakar membuat api cepat merembet dan membesar. Setelah 1,5 jam lamanya akhirnya regu pemadam berhasil menjinakan api.

Mantan Camat Kuta Selatan ini mengaku belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Dalam kejadian naas itu tak ada korban jiwa namun korban materi diperkirakan Rp70 juta. "Informasi yang kami peroleh kost itu milik seseorang bernama Yilianto. Dalam penanganannya tak ada halangan yang berarti yang dialami oleh tim. Kami mengerahkan 6 unit mobil pemadam. Meski api tak merembet ke rumah yang lain namun namun 8 kamar kost tak terselamatkan karena banyaknya benda yang mudah terbakar," ungkap Wirya.

Sementara itu, sebelumnya kebakaran juga menimpa sebuah bengkel motor gede (moge) di Lingkungan Banjar Anyar Kaja, Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Selasa (16/1) sore. Musibah yang terjadi kurang lebih pukul 18.00 Wita itu mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Kebakaran bengkel moge seluas 0,5 are milik I Made Akok Arnawa, 40, diketahui pada pukul 17.50 Wita. Api lantas dengan cepat membesar bahkan menghanguskan sejumlah kendaraan yang ada di dalam bengkel. “Dugaan sementara percikapan api berasal dari selang bencin pecah,” kata Wirya.

Musibah kebakaran juga terjadi di Banjar Darmasaba, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal. Dapur milik Nyoman Sweta Ariyanto, 40, seorang karyawan swasta hangus dilalap si jago merah, Selasa (16/1) sekitar pukul 15.35 Wita. “Untuk korban nihil. Tapi kerugian kami perkirakan mencapai Rp 50 juta,” kata Wirya. Mengenai penyebab kebakaran, pihaknya mengaku masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. “Tetapi sebelum kejadian pemilik rumah sedang memasak dengan menggunakan kayu,” jelasnya.

Mengantisipasi musibah kebakaran kembali terjadi, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu hati-hati dan waspada. Jika ingin meninggalkan rumah, Wirya mengingatkan, agar masyarakat memastikan tidak ada api yang dalam kondisi menyala, begitu juga pastikan peralatan elektronik tidak dalam keadaan menyala, sebab rentan terbakar bila terjadi korlseting. *p, asa

Komentar