nusabali

BPBD Gencar Tebang Pohon Rawan Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-gencar-tebang-pohon-rawan-tumbang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung melakukan langkah antisipasi terhadap pohon tumbang.

SEMARAPURA, NusaBali

Di antaranya, menebang pohon di Dusun Buayang, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung, Rabu (17/1) pagi. Di Buayang, petugas memotong enam pohon kelapa dan dua pohon enau.

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, pihaknya khawatir terjadi korban timpaan karena pohon-pohon itu cukup tinggi dan condong ke rumah warga. Apalagi saat musim hujan lebat dan angin kencang kini. “Pemotongan ini karena ada permintaan dari warga, untuk penanganan kami mengerahkan 10 anggota Tim Reaksi Cepat (TRC),” ujarnya.

Selain itu, petugas juga memotong pohon di Dusun Bandung, Desa Gunaksa, yakni sebuah Pohon Glodoh dengan posisinya rawan tumbang. Sehingga dikhawatirkan pohon tersebut tumbang dan menimpa pengguna jalan. Di Dusun Nyamping, Desa Gunaksa, sebuah pohon kelapa juga dipotong. “Hal ini sebagai langkah antisipasi, mengingat belakangan ini hujan deras disertai angin kencang,” katanya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika memang di lingkungan sekitarnya ada pohon yang rawan tumbang. Karena selain membahayakan warga sekitar juga membahayakan masyarkat umum yang pas lewat di bawah pohon yang bersangkutan. Sejauh ini tidak ada korban akibat pohon tumbang. “Pohon tumbang sebagian besar menimpa bangunan rumah dan menutup akses jalan,” ujarnya.

Kata dia, pada tahun 2017 musibah pohon tumbang di Klungkung 80 kejadian, musibah kebakaran dengan 10 kejadian, 9 kejadian bencana tanah longsor, 4 kejadian penemuan mayat, 3 kejadian banjir dan 3 kejadian kecelakaan/terperosok.*wan

Komentar