nusabali

Mega-SBY Bakal 'Tarung' di Bali

  • www.nusabali.com-mega-sby-bakal-tarung-di-bali

Megawati akan terjun ke Bali untuk back up KBS-Ace, sementara SBY support Mantra-Kerta

DPP Golkar Terjunkan Airlangga ke Bali buat Kawal Mantra-Kerta


DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kemungkinan akan tarung di Bali dalam Pilgub 2018. Kedua tokoh nasional yang dikenal sebagai seteru bebuyutan ini diskenariokan akan jadi juru kampanye (Jurkam) bagi jagonya masing-masing.

Dalam Pilgub Bali 2018, PDIP usung pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) sebagai Calon Gubernur (Cagub)-Calon Wakil Gubernur (Cawagub). KBS-Ace diusung PDIP bersama Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP. Sedangkan Demokrat berkoalisi dengan Golkar-Gerindra-NasDem-PBB-PKS usung pasangan IB Rai Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta).

Bocoran yang diperoleh NusaBali, Minggu, (14/1), ada rencana Megawati turun ke Bali untuk memberikan support kepada kader PDIP dan KBS-Ace. Sebagaimana tradisi selama ini, Megawati selalu membe-rikan perhatian penuh kepada Bali dalam perhelatan politik. Pasalnya, Bali adalah salah satu barometer dan basis dukungan PDIP.

Ketua Bappilu DPD PDIP Bali, IGN Alit Kusuma Kelakan, mengatakan partainya pasti akan menurunkan Jurkam dari DPP PDIP. “Siapa nanti yang akan turun ke Bali, itu sepenuhnya kewenangan DPP PDIP untuk memutuskan,” ujar Alit Kelakan saat dikonfirmasi NusaBali di Denpasar, Minggu (14/1). Dan, pengalaman selama ini, Ketua Umum DPP PDIP Megawati juga selalu terjun ke Bali untuk pemenangan tarung Pilgub.

Sedangkan Korwil Bali-NTB-NTT DPP Hanura, Kadek Lolak Arimbawa, memastikan partainya akan menerjunkan Jurkam nasional untuk kampanye KBS-Ace di Pilgub Bali, 15 Februari-24 Juni 2018 mendatang. Menurut Lolak, Pimpinan DPP Hanura yang dikomandani Ketua Umum Oesman Sapta Oedang memberikan perhatian untuk Pilkada di mana partainya mengusung dan mendukung pasangan calon.

“Pasti nanti DPP Hanura terjun, hanya saja kita belum bisa sampaikan kepada media. Jurkam kita banyak,” tegas politisi Hanura asal Klungkung yang juga anggota DPD RI Dapil Bali ini saat dihubungi terpisah, Minggu kemarin.

Sementara itu, DPD Demokrat Bali meminta Ketua Umum DPP Demokrat SBY untuk turun ke Bali, memback up kampanye Mantra-Kerta. Ketua OKK DPD Demokrat Bali, I Ketut Ridet, mengatakan selain SBY, Sekjen DPP Demokrat Hinca Pandjaitan juga diusulkan terjun ke Bali.

”Kami segera sampaikan surat ke DPP Demokrat untuk meminta kesediaan Ketua Umum Pak SBY dan Sekjen Hinca Pandjaitan turun ke Bali,” tegas Ridet saat dikonfirmasio terpisah, Minggu kemarin.

Di lain sisi, DPP Golkar berencana menerjunkan Ketum Airlangga Hartarto untuk memberikan support kepada Mantra-Kerta. Menurut Ketua Tim Pemenangan Pilgub Bali DPD I Golkar Bali, I Gusti Putu Wijaya, mantan Ketua Umum DPP Golkar Akbar Tandjung yang akan diminta kampanye di Bali. “Yang sudah pasti kita undang adalah Ketum Pak Airlangga Hartarto dan Akbar Tandjung,” tandas Wijaya.

Sedangkan Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP Golkar, AA Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi, kata Wijaya, akan bergabung dengan jajaran pusat untuk kampanyekan Mantra-Kerta. “Kita punya jurkam Gus Adhi juga,” ujar Wijaya yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPD I Golkar Bali.

Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto, juga menegaskan dirinya akan turun ke Bali menjadi Jurkam untuk Mantra-Kerta. “Insya allah saya hadir,” ujar Airlangga ketika ditemui NusaBali di sela-sela upacara palebon tokoh senior Golkar mantan anggota DPR RI Dapil Bali, I Gusti Ketut Adhiputra, di Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Sabtu (13/1).

Ketika ditanya strategi dan siapa saja tim yang akan diajak turun ke Bali dalam rangka pemenangan Mantra-Kerta, Airlangga enggan membebernya. Airlangga berdalih tidak mau terlalu jauh soal strategi dan persiapan kampanye. “Sekarang ini fokus dulu kepada penghormatan kepada tokoh senior kita almarhum Bapak Adhiputra. Kita ikuti upacara ini dulu. Soal Pilkada, nanti saja,” ujar ketua umum partai yang juga menjabat Menteri Perindustrian ini.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP Prabowo Subianto belum ada kepastian apakah akan terjun ke Bali atau tidak untuk kampanye Pilgub 2018. Menurut Ketua DPD Gerindra Bali, Ida Bagus Putu Sukarta alias Gus Sukarta, Prabowo pastinya akan keliling di Indonesia.

“Untuk terjun ke Bali, masih tentatif jadwalnya. Yang jelas, Pak Prabowo akan keliling di Indonesia. Kami sudah membahas jadwal kampanye Pilgub Bali 2018, tapi belum dijadwalkan apakah Pak Prabowo bisa hadir atau tidak,” ujar Gus Sukarta yang juga anggota Fraksi Gerindra DPR RI Dapil Bali, Minggu kemarin. *nat

Komentar