nusabali

Wabup Artha Dipa Serahkan Bansos untuk 300 Lansia

  • www.nusabali.com-wabup-artha-dipa-serahkan-bansos-untuk-300-lansia

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada 300 lanjut usia (lansia) di Gedung UKM Centre Amlapura, Jalan Gajah Mada Amlapura, Jumat (12/1).

AMLAPURA, NusaBali

Masing-masing lansia menerima Rp 3,6 juta yang langsung masuk rekening PT Bank BPD Bali Cabang Karangasem. Total bansos lansia tahun 2017 yang dikucurkan sebesar Rp 1,080 miliar.  

Wabup Artha Dipa berharap untuk tahun 2018 ada tambahan penerima bansos lansia. Dari 800 lansia yang tercatat, 400 lansia telah masuk daftar terima bantuan, masing-masing 300 lansia dari APBD dan 100 lansia dari APBN. Setelah verifikasi akan ditambah 100 penerima lagi sehingga di tahun 2018 sebanyak 500 lansia terima bansos. Target di tahun 2019, seluruh lansia terima bansos.

Wabup Artha Dipa mengatakan, bantuan untuk lansia per bulan dialokasikan Rp 300.000. Di tahun 2017 dirapel, per lansia menerima Rp 3,6 juta. Total bantuan yang dikucurkan Rp 1,080 miliar. Bagi lansia yang tidak hadir atau tidak diwakili, Wabup Artha Dipa menginstruksikan Kepala Dinas Sosial Karangasem, Ni Ketut Puspa Kumari, agar menyerahkan bantuan langsung ke rumah lansia. Tujuan memberikan bantuan untuk membahagiakan orangtua. “Bagi yang tidak memperhatikan orangtua, hidupnya akan menemui kesulitan,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Karangasem, Ni Ketut Puspa Kumari, berjanji mengecek semua lansia yang terdaftar dapat  bantuan. “Jika ada yang tidak datang kami datangi langsung ke rumahnya untuk menyerahkan bantuan itu,” kata Puspa Kumari. Sebab ada saja lansia tidak datang karena sakit. Syarat dapat bantuan non tunai dengan membuka rekening tabungan di BPD Bali Cabang Karangasem. *k16

Komentar