nusabali

Penyelundupan Ganja ke LP Kerobokan Gagal

  • www.nusabali.com-penyelundupan-ganja-ke-lp-kerobokan-gagal

Bungkusan plastik bertuliskan A dan B. Bungkusan plastik A isi ganja dengan berat 165 gram netto dan plastik B seberat 169 gram neto.

Bungkusan Ganja Dilempar dari Luar Tembok LP


MANGUPURA, NusaBali
Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Kerobokan yang terletak di Jalan Tangkuban Perahu, Lingkungan Taman Mertanadi, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung pada, Selasa (9/1) pukul 11.30 Wita digegerkan penermuan dua bungkus plastik yang diduga berisi narkoba jenis ganja. Dua bungkus plastik tersebut dilempar oleh orang tak dikenal (OTK) dari luar LP, tepatnya di disamping pos jaga V. Beruntung, seorang sipir melihat dan mengamankannya.

Informasi yang dihimpun, temuan dua bungkus ganja yang disimpan di dalam plastik hitam dengan berat masing-masing 165 gram dan 169 gram itu pertamakali diketahui seorang petugas sipir bernama I Gede Agus Suarjunadi, 32, warga yang tinggal di kawasan Banjar Kaja, Desa Buduk, Mengwi, Badung. Saat itu, saksi yang sedang bakar sampah di samping pos V LP Kerobokan dikejutkan dengan suara benda jatuh. Lantas, saksi Gede Agus berusaha mencari sumber suara itu.

Saat melakukan pencarian, satu bungkus plastik justru kembali melayang dari luar LP dan mendarat tepat di samping pos jaga V. Saksi pun mendekati dan membuka isi plastik yang sudah berserakan di tanah. Saksi Gede Agus pun terkejut mendapati daun kering yang terbungkus rapi. Atas temuan itu, saksi menghubungi komandan jaga bernama Gede Adi Sudarma.

“Benda itu (dua bungkus plastik) jatuh mengenai tembok pembatas di dalam pos V. Sehingga, terdengar seperti suara jatuh. Makanya saksi mencari tahu dan menemukan bungkusan itu,” beber sumber di kepolisian, Selasa (9/1) siang. Menurut sumber, setelah dilaporkan kepada komandan jaga, saksi kemudian berjaga di lokasi untuk mengamankan dua bungkusan plastik itu.

Sebaliknya, temuan itu diteruskan kepada Kepala LP Kerobokan, Tonny Nainggolan oleh komandan jaga. Mendapati laporan, Tonny Nainggolan kemudian mendatangi lokasi serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Petugas kepolisian dari Polsek Kuta Utara pun tiba di lokasi dan melakukan olah TKP serta memeriksa kandungan isi bungkusan itu.

Hasil pemeriksaan, bungkusan plastik tersebut bertuliskan A dan B. Bungkusan plastik A dengan berat 165 gram netto. Sementara plastik B seberat 169 gram neto. Total kedua plastik itu mencapai 334 gram netto.

“Anggota tiba di lokasi sekitar pukul 12.30 Wita. Selanjutnya dilakukan olah TKP serta mendalami keterangan dari beberapa saksi. Barang bukti yang diamankan itu dibawa ke Polsek Kuta Utara untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pun beberapa anggota langsung melakukan penyelidikan di lokasi,” terangnya

Kapolres Badung, AKBP Yudith Satria Hananta yang dikonfirmasi membenarkan terkait temuan ganja yang dilemparkan melalui samping pos V di LP Kerobokan. Saat ini, anggota sudah menyusuri lokasi di samping pos tersebut dengan mendalami sejumlah rekaman kamera pengawas (CCTV). Hanya saja, perwira melati dua ini enggan merinci lebih jauh hasil penyelidikan itu. “Masih dalam penyelidikan. Anggota masih di lokasi memeriksa saksi-saksi dan juga rekaman CCTV di seputaran TKP. Tentunya kita berharap ada bukti-bukti petunjuk untuk mengungkap pelaku pelemparan itu,” dalihnya singkat. *dar

Komentar