nusabali

Lima Petarung Bali Wakili Indonesia

  • www.nusabali.com-lima-petarung-bali-wakili-indonesia

Ajang ASEAN Championship di Malaysia, bakal dijadikan arena oleh petarung Bali untuk mengintip kekuatan lawan di PON mendatang. Pasalnya, kejuaraan yang diikuti 8 negara itu, tim luar Bali juga menerjunkan petarungnya. 

DENPASAR, NusaBali 
Lima petarung PON Bali mendapat kepercayaan membawa misi Merah Putih bertarung ke kejuaraan tarung derajat 'ASEAN Championship di Malaysia, 24-27 April 2016. Selain kelima petarung yang mewakili Indonesia, Bali juga membawa empat petarung untuk berujicoba melawan petarung Malaysia, tetapi di luar kejuaraan. 

Sekum Pengprov Kodrat (Keluarga Olahraga Tarung Derajat) Bali Bagus Tri Candra Arka mengatakan, kejuaraan di Malaysia itu bakal dijadikan ajang uji coba bagi petarung-petarung Bali terkait persiapannya berlaga di PON XIX/2016 Jawa Barat, September nanti.   Kelima petarung tersebut, yakni I Komang Wardika di kelas 58,1 kg, Nengah Sudika (46-47kg), I Komang Mardika (67-70kg), Kadek Bima Bratayasa (71-73kg), dan Made Pujangga di kelas 73-7kg. 

Menurut pria yang akrab disapa Gung Cok ini, empat petarung Bali di luar wakil Indonesia itu, juga merupakan petarung yang nantinya diturunkan di PON Jawa Barat. Mereka adalah, Made Wilantara, Wayan Kariasa, Gede Suwandika, dan Ketut Sumartayasa. Pengprov Kodrat Bali dalam mempersiapkan petarungnya merebut medali PON Jawa Barat, mengagendakan beberapa kali uji coba, di antaranya ke Malaysia, baik di kejuaraan resmi seperti ASEAN Championsip maupun ujicoba biasa. Bali sendiri telah meloloskan sembilan petarung ke PON nanti.  

Tarung Derajat ASEAN Championship diikuti delapan negara anggota ASEAN, di antaranya  Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Timor Leste, dan tuan rumah Malaysia. Gung Cok memastikan selain diikuti petarung PON Bali, sejumlah daerah di Indonesia juga mengirimkan petarungnya ke ajang itu. "Kami tidak mematok target medali, karena sifatnya sebagai ajang pemanasan dan untuk melihat seberapa besar persaingan sesungguhnya di PON Jawa Barat. Mengingat, daerah lain seperti Aceh, Jawa Barat dan Jawa Tengah dipastikan mengirim atlet PON masing-masing ke ASEAN Championship. “Jadi, kami hanya ingin membaca peta kekuatan lawan di PON nanti melalui kejuaraan di Malaysia itu," jelasnya.dek 

Komentar