nusabali

Cegah Kebocoran PAD, Bakeuda Bakal Pasang 20 Tapping Box

  • www.nusabali.com-cegah-kebocoran-pad-bakeuda-bakal-pasang-20-tapping-box

Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Tabanan merancang pemasangan alat perekam tapping box atau alat perekam transaksi di sejumlah tepat wajib pajak yang ada di Tabanan.

TABANAN, NusaBali

Untuk permulaan akan dipasang 20 buah tapping box. Pemasangan tapping box dirancang untuk mencegah kebocoran pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Bakeuda Tabanan I Dewa Ayu Sri Budiarti, menjelaskan fungsi tapping box untuk mencatat dan menangkap semua transaksi yang kemudian tercetak oleh printer point of sales (titik penjualan). “Kami rancang tapping box dipasang di hotel dan restoran yang ada di Tabanan,” ujarnya, Minggu (7/1).

Dikatakan, ketika alat ini dipasang, dipastikan tidak ada kebocoran transaksi wajib pajak. Untuk permulaan ada 20 tapping box akan dipasang di sejumlah hotel dan restoran besar yang sudah memiliki cash register. “Saat ini masih dalam proses, kami juga masih berkoordinasi dengan perbankan yang diajak bekerjasama,” imbuhnya.

Disampaikan Budiartini, dengan pemasangan tapping box, kemungkinan penggelapan data dari pihak wajib pajak dapat dihindari. Tapping box ini pun memberikan pemetaan yang jelas sehingga tidak ada data-data yang disembunyikan oleh oknum tertentu.

“Tidak ada yang bisa membohongi karena seluruh transaksi penjualan terekam dan pajaknya bisa ditentukan sesuai dengan penghasilan,” jelasnya. Tahun anggaran 2018, PAD Tabanan ditarget mencapai Rp 409 miliar lebih. “Untuk penuhi itu kami akan optimalkam seluruh potensi yang ada,” tandasnya. *d

loading...

Komentar