nusabali

Gorong-gorong Dipindahkan, Lalin Tersendat

  • www.nusabali.com-gorong-gorong-dipindahkan-lalin-tersendat

Akibat pemindahan gorong-gorong, Jalan Bypass Ngurah Rai jalur Kuta–Nusa Dua terjadi penyempitan, tepatnya di sisi selatan bundaran.

Proyek Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Tuban, Kecamatan Kuta


MANGUPURA, NusaBali
Pelaksana proyek pembangunan underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, memindahkan gorong-gorong yang dilalui oleh pipa avtur ke ujung selatan underpass. Akibatnya, terjadi penyempitan Jalan Bypass Ngurah Rai jalur Kuta–Nusa Dua, tepatnya sekitar 150 meter di selatan bundaran. Pemindahan gorong-gorong itu karena posisi awalnya tepat berada di sisi luar bundaran underpass.

Penjabat Pembuat Komitmen 11 Satker Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan Denpasar Nyoman Yasmara, mengatakan pengerjaannya akan dikebut karena pada titik itu kerap terjadi kemacetan lalu lintas pada saat pagi dan sore hari hingga malam.

Pembuatan gorong-gorong itu sangat penting karena di sekitar bundaran Tugu Ngurah Rai sering terjadi banjir jika hujan lebat. “Secara keseluruhan selesai dalam pekan ini. Pembangunan gorong-gorong itu hanya sampai pada  pipa PDAM saja. Pengerjaan itu segera diselesaikan kerena nanti akan ada peninggian badan jalan di sebelah selatan underpass. Sepanjang area underpas itu nanti hanya terdapat satu gorong-gorong saja,” tutur Yasmara, Minggu (7/1).

Peninggian badan jalan itu, lanjut Yasmara, bervariasi dari 30 hingga 50 cm. Proses peninggian akan dilakukan setelah penggalian dinding underpass. Selain peninggian badan jalan juga akan dibangun tanggul penahan air laut.

“Untuk menghindari terjadinya banjir pada saat hujan maupun banjir rob yang sering terjadi, nantinya pada sisi selatan underpass akan ditinggikan. Ketinggiannya bervariasi dari 30 hingga 50 cm. Peninggiann itu nanti akan dilakukan setelah penggalian dinding underpass,” ujar Yasmara.

Proyek underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di TUban, Kecamatan Kuta, ini penggarapannya dengan sistem multi years yakni 2017 dan 2018 dengan total anggaran Rp 168.376.159.000.

Underpass yang kedua di Bali ini memiliki panjang total 712 meter. Rinciannya panjang frontage sisi utara 320 meter, sisi selatan 260 meter. Panjang underpass tertutup 132 meter dengan tinggi 5,1 meter. Pembangunan proyek dengan struktur dinding secant pile dan bore pile. *p

Komentar