nusabali

Deklarasi Kertha-Maha Tanpa Unjuk Massa

  • www.nusabali.com-deklarasi-kertha-maha-tanpa-unjuk-massa

Jajaran Koalisi Gianyar Bangkit (KGB) terdiri dari Golkar, Demokrat, Gerindra, dan PKPI akan mendeklarasikan Paket Kertha-Maha (Tjokorda Raka Kerthaysa-Pande Istri Maharani Prima Dewi) alias Cok Ibah-Gek Rani, Selasa (9/1) pukul 10.00 Wita di Gedung Balai Budaya Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Usai deklarasi, hari itu juga sekitar pukul 12.00 Wita, KGB akan mendaftarkan paket ini ke KPU Gianyar. Hal itu disampaikan Ketua Tim Pemenangan Paket Kertha-Maha, Ida Bagus Nyoman Rai alias Gus Rai di Gianyar, Kamis (4/1). “Deklarasi Paket Kertha-Maha tanpa perlu ada unjuk massa atau show of force, agar tak banyak mengganggu aktivitas masyarakat,” ujar politisi Gerindra asal Banjar Senguan Kawan, Kota Gianyar ini.

Gus Rai menjelaskan, persiapan deklarasi ini telah dibahas dalam rapat di Puri Ibah, Ubud, kediaman Cabup Paket Kertha-Maha yang tokoh Puri Agung Ubud, Cok Ibah, Rabu (3/1) malam. Dalam rapat itu disepakati deklarasi ini mengusung tema 'Sempurna dalam Kesederhanaan'. Dengan tema ini, kehadiran massa dalam jumlah banyak, bukan hal utama.

Namun arti dan makna kegiatan ini, yakni mengenalkan paket dan menggugah kesadaran masyarakat untuk memilih pemimpin yang terbaik, merupakan hal pokok dan utama. “Atraksi seni budaya tetap ada, namun kemasannya sederhana, tanpa mengurangi makna dan berfungsi hiburan,” jelasnya. Dipilihnya tanggal 9 Januari untuk deklarasi karena angka 9 (sembilan) merupakan angka sempurna atau tertinggi.

Gus Rai menjelaskan, deklarasi akan dimulai pukul 10.00-12.00 Wita. Deklarasi dihadiri undangan dari jajaran Muspida Gianyar, KPU, Bawaslu, para perbekel dan bendesa, serta tokoh masyarakat, tokoh puri dan griya se Kabupaten Gianyar. Selain itu, jajaran kader partai pengusung Paket Kertha-Maha, yakni Golkar, Demokrat, Gerindra dan PKPI. Total massa dan undangan sekitar 1.500 orang, sesuai daya tampung Gedung Balai Budaya Gianyar. Deklarasi dan jargon pemenangan paket ini, yakni ‘KGB Yes, Kertha-Maha Menang’, dengan tagline ‘Saya Gianyar, Kami Bangkit’. Pihaknya juga mengundang ketua-ketua partai anggota KGB di Provinsi Bali, yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, dan PKPI.

Usai deklarasi, akan dilanjutkan dengan pendaftaran Paket Kertha-Maha ke KPU Gianyar. Pendaftaran akan diiringi jajaran tim pemenangan Paket Kertha-Maha, sekitar 35 orang, termasuk Paslon, dan ketua- ketua partai dalam KGB. Senada Gus Rai, Juru Bicara KGB Ngakan Ketut Putra menambahkan deklarasi ini sengaja tanpa harus menurunkan kekuatan massa dalam jumlah banyak. Karena banyak pihak merasakan, kegiatan-kegiatan partai pada era sebelumnya sangat berorientasi pada kekuatan massa. Ngakan Putra menambahkan, usai deklarasi nanti, Paket Kertha-Maha bersama tim pemenangan akan menggelar roadshow dalam bentuk simakrama ke sejumlah tokoh. Para tokoh yang disasar antara lain, para pendaftar kandidat cabup/cawabup di KGB, kalangan puri, griya, dan tokoh masyarakat lainnya. *lsa

Komentar