nusabali

NasDem Potensial Mengarah ke Aman

  • www.nusabali.com-nasdem-potensial-mengarah-ke-aman

Diduga gagalnya paket Tjok Ibah-Gus Gaga ini di KRB membuat NasDem mengalihkan dukungan mengarah kepada paket Aman

DENPASAR, NusaBali

Arah dukungan partai politik di Pilgub Bali dan Pilkada Kabupaten/Kota tidak selalu sejalan. Partai NasDem yang berhadap-hadapan di Pilgub Bali 2018 melawan PDIP yang mengusung I Wayan Koster- Tjokorda Artha Ardhana Sukawati alias Tjok Ace (KBS- Ace), justru di Pilkada Gianyar 2018 kemungkinan akan mengarah mendukung paket usungan PDIP Made Agus Mahayastra-Anak Agung Ngurah Mayun (Aman).

Dewan Pembina Garda Pemuda Partai NasDem Provinsi Bali yang juga Bendahara DPW Partai NasDem Provinsi Bali I Gusti Bagus Eka Subagiartha alias Gus Eka, mengatakan NasDem mengarah kepada paket Aman. “Sampai sekarang NasDem belum tentukan arah dukungan, walaupun paket Kertha-Maha sudah dideklarasikan sejumlah parpol. Kemungkinan kita mengarahkan dukungan kepada pasangan Agus Mahayastra- Anak Agung Mayun,” ujar Gus Eka di Denpasar, Jumat (29/12) siang.

Gus Eka menyebutkan, NasDem mengarah ke paket Aman dengan alasan melihat figur kandidat dan hasil survei. “Kita melihat hasil survei dan figur kandidat di Gianyar. Dari itulah kemungkinan arahnya ke Aman. Potensi Aman untuk memimpin Gianyar ke arah lebih baik juga menjadi pertimbangannya,” kata Gus Eka.

Diakui, dalam politik memang di Pilgub Bali dan Pilkada Kabupaten berbeda. Dukungan NasDem atau parpol tidak linier antara di Pilgub dengan Pilkada Kabupaten. “Dukungan parpol di Pilgub tidak selalu sama di Pilkada Kabupaten dan Kota,” tegas politisi asal Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung ini.  

NasDem awalnya memang diprediksi gabung ke Koalisi Gianyar Bangkit (KGB) dimana di dalamnya ada Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PKPI. KGB mengusung pasangan Tjokorda Raka Kerthayasa- Pande Istri Maharani Primadewi di Pilkada Gianyar 2018 dengan rancangan akan head to head melawan paket Aman yang diusung PDI Perjuangan. NasDem pun sempat umumkan rekomendasi Tjokorda Raka Kerthayasa (Tjok Ibah)- Ida Bagus Gaga Adi Saputra (Gus Gaga).

Diduga gagalnya paket Tjok Ibah-Gus Gaga ini di KRB membuat NasDem mengalihkan dukungan mengarah kepada paket Aman. NasDem yang memiliki 2 kursi parlemen (DPRD Gianyar) kini tengah komunikasi politik dengan kubu Aman.

Sebelumnya sejumlah partai politik yang tergabung di KGB sudah merekomendasikan dukungan untuk paket Kertha-Maha. Terakhir, Demokrat dan PKPI yang telah menyerahkan rekomendasi dukungan DPP masing-masing kepada paket Kertha-Maha untuk diusung di Pilkada Gianyar 2018. *nat

Komentar