nusabali

DLH Gianyar Sidak ke Padangtegal

  • www.nusabali.com-dlh-gianyar-sidak-ke-padangtegal

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar melakukan sidak (inspeksi mendadak) pengelolaan limbah ke sejumlah pengusaha pariwisata dan rumah tangga di Desa Pakraman Padangtegal, Ubud, Minggu (17/12).

GIANYAR, NusaBali

Sidak ini untuk pembinaan pengelolaan limbah agar tidak merusak lingkungan. Sidak tersebut melibatkan Desa Adat Padang Tegal, Lurah Ubud, petugas Satpol PP, Bagian Hukum Pemkab Gianyar hingga pihak TNI/Polri. “Sidak ini fokus untuk pembinaan kepada para pelaku usaha agar mengelola limbah secara baik dan benar,“ jelas Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra.

Kata dia, sidak tim gabungan itu menemukan pembuangan limbah ke got hingga ke hamparan sawah. “Banyak pengelola usaha masih membuang limbah begitu saja, baik ke got. Ini  sangat mengotori dan berbahaya, karena limbah itu tidak bisa dipastikan unsur apa yang ada di dalam limbah, “ ucapnya.

Para pelaku yang melakukan tindakan ini pun didata oleh DLH Gianyar, untuk selanjutnya akan dipanggil. “Kondisi di lapangan sudah didata dan difoto, nanti mereka yang melakukan pembuangan limbah sembarang akan dipanggil, paling cepat seminggu ini akan dilakukan pertemuan untuk memberikan pembinaan, “ katanya.

Melalui sidak tersebut, tim juga menyempatkan sosialisasi agar setiap pengusaha pariwisata ataupun rumah tangga menyiapkan pengelolaan limbah dengan baik dan benar. “Misal di halaman, atau di parkir kan bisa dibuatkan satu tempat untuk pengalolaan limbah,“ ucapnya.

Bendesa Pakraman Padangtegal Ubud Made Gandra mengapresiasi sidak limbah oleh DLH Gianyar. Menurutnya  kegiatan ini sangat penting untuk pembinaan seluruh komponen dalam mengelola limbah.*lsa

Komentar