nusabali

Disdukcapil Rekam dan Cetak e–KTP ke Desa

  • www.nusabali.com-disdukcapil-rekam-dan-cetak-e-ktp-ke-desa

Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Badung mendapatkan tambahan blangko e-KTP sebanyak 10 ribu keping pada 14 Desember lalu.

Dapat Tambahan Blangko 10.000 Keping  


MANGUPURA, NusaBali
“Sekarang pencetakan bisa kami lanjutkan setelah kami terima tambahan blangko dari pusat,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Badung Putu Suryawati, Minggu (17/12).

Menurutnya, pencetakan e-KTP dilihat berdasarkan laporan perkembangan pencetakan. Misalnya kecamatan mana yang paling kecil prosentase pencetakan, itu yang menjadi prioritas.

Selain mencetak di kantor Disdukcapil maupun tiap-tiap kantor kecamatan, juga dilakukan perekaman dan pencetakan keliling ke desa-desa. Tentu saja ini sesuai dengan permintaan. “Hari ini (kemarin) kami pelayanan pencetakan di Desa Kutuh, Kuta Selatan, dan dilanjutkan sampai Kamis mendatang,” ungkapnya.

Berdasarkan data, hingga September 2017, total perekamanan sudah mencapai 331.116 (87,97 persen), jumlah yang sudah dicetak 233.822, jumlah yang belum dicetak 96.325 (29,09 persen), jumlah cetak baru 969. Jadi total cetak e-KTP sebanyak 234.791 (70,90 persen). Sementara jumlah pemohon surat keterangan pengganti e-KTP sebanyak 1.787.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Disdukcapil Badung I Nyoman Soka menegaskan, sekalipun perekaman dan pencetakan didistribusikan ke masing-masing kecamatan, namun tetap porsi lebih besar dilakukan di kantor Disdukcapil Badung di Puspem Badung, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi. “Nanti kami alokasikan untuk dibagi. Tapi di dinas lebih banyak pencetakannya,” kata dia.

Sebagai bentuk upaya percepatan, Disdukcapil berupaya memberikan pemahaman kepada warga agar bersedia melakukan perekaman segera. Pihaknya menargetkan pada Juli 2018 perekaman e-KTP di Gumi Keris tuntas. *asa

Komentar