nusabali

Dua Struktur Terumbu Ditenggelamkan

  • www.nusabali.com-dua-struktur-terumbu-ditenggelamkan

Dua struktur terumbu karang ditenggelamkan di hari yang sama Kamis (14/12) di laut Pemuteran, Kecamatan Gerokgak dan di laut Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

Visi Konservasi Terumbu Karang

SINGARAJA, NusaBali
Kegiatan tersebut merupakan upaya Pemkab Buleleng bersama dengan masyarakat melakukan konservasi laut. Penenggelaman struktur terumbu karang pertama dilakukan di laut Desa Bondalem pada pukul 09.00 Wita. Dengan melibatkan 40 penyelam, dari lokal Kecamatan Tejakula, penyelam Tulamben, bahkan penyelam luar Bali dan internasional struktur terumbu karang berbentuk Boma berukuran panjang 3,5 meter dan tinggi 4 meter.

Struktur itu ditenggelamkan di kedalaman laut  meter dan akan dipakai media untuk menanam terumbu karang. Selanjutnya kegiatan serupa juga dilakukan di laut Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak yang dirangkaikan dengan Pemuteran Bay Festival 2017.  Dengan melibatkan puluhan penyelam, struktur terumbu berbentuk burung garuda berukuran 8 X 4 meter ditenggelamkan untuk kedua kalinya pada pukul 14.00 Wita.

Bahkan struktur terumbu karang itu dilengkapi dengan sistem biorock dengan menambahkan aliran katoda dan anoda menggunakan kabel yang diambil dari solar cell.

Dengan sistem tersebut terumbu karang yang ditempel di struktur akan lebih cepat besar 6-8 lipat. Komang Astika selaku instruktur biorok di Pemuteran mengatakan dua struktur tersebut akan menambah struktur terumbu karang di laut Pemuteran.

Hal tersebut merupakan upaya konservasi berkelanjutan yang dilakukan warga setempat untuk menjaga ekosistem bawah laut tetap lestari yang selama ini merupakan unggulan pariwisata Pemuteran. Dipilihnya bentuk garuda, karena burung garuda merupakan simbol negara dan juga kendaraan Dewa Wisnu menurut pandangan Hindu. Sehingga diharapkan dapat memberikan kesuburan pada terumbu karang yang tumbuh di atasnya

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna mengapresiasi upaya konservasi terumbu karang yang dilakukan di masyarakat Pemuteran dan Bondalem. Ia pun berharap dengan konservasi berkelanjutan yang dilakukan keindahan bawah laut Buleleng dapat menarik wisatawan untuk berkunjung langsung menikmati keindahannya. *k23

loading...

Komentar