nusabali

Badung Siapkan Rp 3,1 Miliar untuk Pakan Ternak

  • www.nusabali.com-badung-siapkan-rp-31-miliar-untuk-pakan-ternak

Peternakan sapi Bali di Kabupaten Badung terus digenjot oleh pemerintah.

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai bentuk upaya meningkatkan populasi sapi Bali khususnya yang ada di Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Desa Sobangan, Mengwi, pemerintah menggelorkan anggaran miliaran rupiah untuk kebutuhan pakan di tempat tersebut.

Belanja pakan ternak sudah masuk tahap lelang di LPSE Badung. Meskipun sudah dalam tahap tender, tapi realisasi anggaran yakni pada tahun 2018. “Ya, sudah dalam tahap lelang dan sudah hampir rampung,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Putu Oka Swadiana, Kamis (14/12) kemarin.

Adapun anggaran yang dipersiapkan pemerintah dalam pengadaan pakan di SPR Sobangan, senilai Rp 3,1 miliar lebih. Rinciannya, pakan ternak berupa rumput raja/jerami, dan jagung senilai Rp 2,1 miliar lebih, sementara untuk pakan konsentrat disiapkan kurang lebih Rp 1 miliar.

Oka Swadiana yang merupakan Kadis Perikanan Badung ini menambahkan, pasokan makanan yang disiapkan pemerintah tersebut untuk kebutuhan selama setahun. “Januari 2018 sudah harus siap pakan ternaknya agar tidak putus pemberian pakannya,” katanya.

Gelontoran anggaran miliaran rupiah tak hanya kali ini saja, tapi rutin tiap tahun. “Iya setiap tahun kami siapkan anggaran khusus untuk pakan ternak di Sobangan. Mudah-mudahan dengan bantuan ini pembibitan sapi Bali dapat berkembang, sehingga populasi sapi Bali semakin bertambah,” harapnya. Diakui sekarang populasi sapi Bali sebanyak 395 ekor. Induk betina 288 ekor dan anak sapi jantan/ betina/nyaruk ada 107 ekor. *asa

Komentar