nusabali

Hindari Rob, Sisi Selatan Underpass Akan Ditinggikan

  • www.nusabali.com-hindari-rob-sisi-selatan-underpass-akan-ditinggikan

Banjir rob yang sering terjadi di Jalan Bypass Ngurah Rai, tepatnya sebelah timur Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, sudah disiasati oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII.

MANGUPURA, NusaBali
Upaya itu dalam rangka pembangunan underpass simpang Tugu Ngurah Rai yang kini sedang dalam tahap penggarapan. Kepala BBPJN Wilayah VIII Nyoman Yasmara mengatakan untuk penanggulangan banjir rob dalam rancangan underpass di sebelah selatan bundaran nanti akan dilakukan peninggian badan jalan. Selain peninggian juga disediakan bok dengan ukuran 4 x 2 meter dan crossing.

“Untuk benar-benar menjamin terhindar dari banjir rob nantinya juga akan dibangun tanggul penahan gempuran ombak,” tutur Yasmara, Selasa (5/12).

Yasmara mengaku panjang dan tinggi tanggulnya belum bisa dipastikan karena kini desainnya masih dalam tahap penyempurnaan. Dikatakannya peninggian itu nanti dilakukan secara menyeluruh di sebelah selatan underpass. Dari pantauan, banjir rob yang masuk ke jalan beberapa hari itu melalui sisi barat jalan raya.

Nanti sebelum dilakukan penggarapan di sebelah selatan bundaran, peninggian dan pembangunan tanggul sudah selesai. Harapannya desain yang kini sedang disempurnakan bisa mengatasi banjir rob masuk ke underpass.

Dari pantauan di lokasi, akibat banjir rob yang terjadi pada Minggu malam lalu, tumpukan tanah yang sedianya untuk pembangunan jalan detour habis tergerus banjir rob. Namun Yasmara mengaku tak masalah dan akan segera dilakukan pembangunan.

“Konsentrasi penggarapan kini masih berada di dalam bundaran dan sisi utara bundaran. Kami berharap para pengguna jalan untuk memaklumi kondisi yang terjadi karena ada penutupan arus lalu-lintas di sebelah utara bundaran. Kami mohon pengendara untuk mencari jalur alternatif, meski sedikit mengalami kendala,” ujar Yasmara. *p

Komentar