nusabali

Parpol Makin Merapat ke Incumbent

  • www.nusabali.com-parpol-makin-merapat-ke-incumbent

Survei incumbent masih tinggi, di samping itu aspirasi masyarakat juga ingin agar incumbent kembali memimpin Klungkung 5 tahun ke depan.

Jelang Pilkada Klungkung, Paket Suwasta Belum Ada Lawan


SEMARAPURA, NusaBali
Menjelang Pilkada Klungkung 2018 yang semakin dekat, partai politik mulai serius ke arah pembicaraan koalisi. Santer berhembus sebagian besar parpol di Klungkung akan merapat ke incumbent. Di antaranya Partai Golkar dan Hanura yang sebelumnya akan menjalin koalisi untuk mengusung pasangan calon, kini malah sama-sama melirik incumbent.

Jika Partai Golkar dan Hanura jadi merapat ke paket incumbent, yakni I Nyoman Suwirta-Made Kasta (Paket Suwasta), maka akan berpeluang terjadi tarung head to head, antara partai koalisi pendukung incumbent melawan kandidat dari PDIP yang saat ini tengah menunggu rekomendasi dari DPP.

“Hasil survei menunjukkan figur incumbent, terutama Pak Suwirta masih tinggi,” ujar sumber di Klungkung. Sekretaris DPC Hanura Klungkung, I Nyoman Suastika mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat dengan pengurus di DPD Hanura Bali, pada Minggu (26/11) lalu. Untuk koalisi Hanura Klungkung akan linear dengan di Pilgub Bali, yakni dengan Golkar yang kemungkinan akan memunculkan paket I Ketut Sudikerta-Gede Pasek Suardika.

“Apabila di DPD Hanura mengusung kader otomatis koalisi di DPC akan linear, yakni dengan Golkar,” ujarnya. Akan tetapi jika koalisi itu gagal maka diserahkan arah koalisi kembali ke DPC untuk memilih figur yang berpeluang besar menang dalam Pilkada. Berdasarkan hasil survei, figur incumbent masih tinggi, di samping itu aspirasi masyarakat juga berkeinginan agar incumbent kembali memimpin Klungkung 5 tahun ke depan. Dengan kondisi ini, Hanura bisa berkoalisi dengan partai pengusung incumbent, yakni Gerindra.

“Kita sudah beberapa kali melakukan komunikasi politik dengan incumbent,” ujarnya. Mengenai paket yang akan dikeluarkan nanti apakah masih Paket Suwasta, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada figur incumbent bupati, yakni I Nyoman Suwirta untuk menentukan. “Beliau yang lebih tahu siapa yang harus diajak kerjasama (berpasangan), siapa pun itu kita tidak masalah,” tegas Suastika.

Sementara itu Ketua Harian Partai Golkar Klungkung, Ni Komang Ayu Ningrum mengatakan sampai saat ini Partai Golkar sudah menentukan langkah untuk mendukung Paket Suwasta. Hal ini sempat disampaikan dalam rapat secara lisan di DPD 1. “Namun untuk penyampaian resminya belum,” ujar Ayu Ningrum singkat. Jika Golkar dan Hanura merapat ke incumbent, maka akan makin banyak parpol yang berkoalisi dukung incumbent.

Selain Gerindra, sebelumnya Demokrat dan NasDem juga mengarahkan dukungan ke incumbent. Hanya PKPI yang belum menentukan pilihan, apakah ikut poros Gerindra mengusung incumbent atau mendukung poros PDIP yang hingga saat ini belum putuskan calonnya di Pilkada Klungkung 2018. “Mungkin juga semua parpol, termasuk PDIP akan bersatu munculkan calon tunggal di Pilkada Klungkung 2018. Itu bisa saja terjadi,” ungkap salah satu sumber di Klungkung. *wan

Komentar