nusabali

Pengobatan Tradisional dan Pijat Refleksi untuk Nyeri Haid (3)

  • www.nusabali.com-pengobatan-tradisional-dan-pijat-refleksi-untuk-nyeri-haid-3

Pengobatan Herbal Tradisional untuk Nyeri Haid
Untuk penderita nyeri haid, berikut ini ada beberapa resep pengobatan tradisional untuk mengobati rasa nyeri haid:

1. Ubi jalar

Ubi jalar telah dikenal sebagai obat alternatif alami untuk terapi estrogen, karena penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa ubi jalar mengandung senyawa yang disebut diosgenin, yang dapat dikonversi menjadi sebuah steroid yang bersifat seperti estrogen. Untuk mendapatkan khasiatnya, ubi jalar bisa dimakan langsung dalam bentuk ubi rebus.

2. Bubuk Kulit Kayu Manis

Bahan: Bubuk kulit kayu manis (5 gram). Air panas (1/2 gelas). Pemakaian: Seduh bubuk kayu manis menggunakan air panas. Minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

3. Cengkih

Bahan: 5 butir cengkih, 7 butir ketumbar, 10 gram kunyit, dan 5 gram biji pala. Pemakaian: Setelah dicuci, rebus bahan dengan 400 cc air, hingga tersisa 200 cc. Saring, lalu minum air rebusan selagi hangat.

4. Jahe

Bahan: Jahe sepanjang 5 cm. Pemakaian: Iris 5 cm jahe tipis-tipis, kemudian remukkan, rebus dalam panci yang diisi 3 gelas air, sisakan hingga menjadi 1 gelas. Tambahkan sedikit gula, minum 3 kali sehari (1 gelas untuk sehari, dibagi 3). Lakukan secara rutin.

5. Asam Jawa dan Temulawak

Bahan: asam jawa yang sudah matang sebesar telur merpati, 1/2 jari temulawak, dan gula jawa secukupnya. Pemakaian: temulawak diiris tipis-tipis, kemudian direbus dengan bahan lainnya dalam 1 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Setelah itu, saring dan minum airnya sekaligus selagi masih hangat. Lakukan pengobatan ini dengan dosis yang sama selama 1 minggu.

6. Bunga Matahari

Bahan: Bunga matahari sebanyak 30 gram dan 1 sendok makan gula jawa. Pemakaian: rebus bagian dasar bunga matahari dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian tambahkan 1 sendok makan gula jawa. Setelah dingin, saring airnya dan minum sekaligus satu kali sehari.

7. Buah Kelapa

Bahan: 1 gelas air kelapa hijau dan 1 potong gula aren. Pemakaian: Kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai merata. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore. 7

Komentar