nusabali

Bikin Desa Wisata, Sulap Rumah Warga Jadi Penginapan

  • www.nusabali.com-bikin-desa-wisata-sulap-rumah-warga-jadi-penginapan

Budayawan, pemerhati lontar dan peneliti independen, Sugi Lanus berbagi cerita dan pengalaman soal konsep desa wisata dalam Seminar Desa Wisata di Balai Banjar Bugbugan, Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Tabanan, Senin (13/11).

Dari Seminar Desa Wisata di Marga Dajan Puri


TABANAN, NusaBali
Sugi Lanus mengungkapkan terkait desa wisata di dalamnya terdapat konsep pemberdayaan warga. Salah satunya dengan menjadikan rumah-rumah penduduk sebagai penginapan atau homestay bagi wisatawan.

“Rumah-rumah penduduk bisa mendatangkan uang dengan sewakan kamar untuk wisatawan. Rumah penduduk tak mesti mewah, syarat mutlak adalah bersih dan toilet standar wisatawan,” ujar Sugi Lanus saat berbicara bersama anggota DPR RI dapil Bali Gede Sumarjaya Linggih alias Demer dan Mangku Nyoman Kandia, rohaniawan Hindu sekaligus praktisi pariwisata.

Sugi Lanus kemudian mencontohkan rumah-rumah penduduk di Jepang dan negara lain yang disewakan untuk wisatawan, sehingga masyarakat terlibat langsung memajukan pariwisata desanya. Mendengar paparan Sugi Lanus, masyarakat yang hadiri seminar ini pun tampak antusias. Apalagi, Sugi Lanus juga punya banyak pengalaman terkait pengembangan desa wisata ini.

Perbekel Desa Marga Dajan Puri, Made Rasma mengatakan kehadiran para pembicara dalam seminar ini makin memotivasi pihaknya untuk makin mengembangkan desa wisata. Apalagi Sugi Lanus telah sukses mengembangkan sejumlah desa di Bali untuk menjadi tempat kunjungan wisatawan, salah satunya Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Tabanan. “Kami juga harapkan dukungan pusat. Semoga Sumarjaya Linggih bisa membantu kami,” ungkap Rasma.

Rasma menuturkan, konsep desa wisata yang akan dikembangkan di kampungnya, yakni menjadikan rumah penduduk sebagai tempat menginap turis. Apalagi rumah penduduk bisa menghasilkan uang dengan memenuhi standar wisatawan, salah satunya dengan toilet yang bersih.

Otomatis dengan adanya wisatawan menginap, warga mendapat keuntungan tidak hanya dari sewa kamar namun juga makanan laku untuk breakfast. “Wisatawan nantinya bisa berbaur dengan masyarakat dan belajar mengukir serta meninjau stand-stand tanaman hias,” ungkap Rasma. Anggota DPR RI, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer mengatakan siap bantu kembangkan Marga Dajan Puri menjadi desa wisata. Salah satunya dengan mengangkat pesona dan budaya di Desa Marga Dajan Puri. *d

Komentar