nusabali

TK Saraswati 1 dan 2 Unjuk Kebolehan

  • www.nusabali.com-tk-saraswati-1-dan-2-unjuk-kebolehan

Murid PAUD atau Taman Kanak-kanak (TK) Saraswati 1 Denpasar dan TK Saraswati 2 Denpasar, menampilkan aneka tari dan musik di Taman Budaya, Denpasar, Jumat (10/11) sore.

DENPASAR, NusaBali

Tari tradisional dan modern ditampilkan, dan sukses mendapat tepuk tangan penonton. TK Saraswati 1 Denpasar menampilkan blaganjur, dimana dalam penampilan ini mengutamakan pada pengenalan alat-alat musik di kalangan anak-anak sejak usia dini. Tak berselang lama, muncul segerombol bocah laki-laki berbaju safari merah dengan riasan yang apik. Mereka tampak menikmati setiap alat musik yang mereka mainkan.

Usai mendengar instrumen gamelan, taman kanak-kanak yang beralamat di Jalan Kamboja II A, Denpasar, ini mengajak penonton untuk menikmati suguhan tarian, di antaranya tari kreasi anak Bali yang menggambarkan tari pergaulan anak-anak Bali sebagai pengingat jati diri siswa selaku anak Bali. Kemudian dilanjutkan dengan Gerak dan Lagu Caca Marica, fashion show pakaian adat ke pura, gerak dan lagu sarapan pagi, dan sebagai penampil terakhir adalah Tarian Kembang Janger yang dengan elok ditarikan oleh empat pasang murid putra dan putri.

Melihat pementasan yang ditampilkan anak didiknya, Kepala Sekolah TK Saraswati 1 Denpasar Ni Wayan Kartini, mengaku bahagia dapat melihat aksi anak didiknya. Dia pun berharap agar anak didiknya senantiasa melanjutkan seni dan kebudayaan Bali. “Senang sekali dapat melatih dan mengembangkan kreativitas anak-anak,” ujarnya.

Tak jauh berbeda, TK Saraswati 2 Denpasar yang beralamat di Jalan Prof Moh Yamin IV No 1 Denpasar, ini menampilkan tarian serta alunan musik yang menghibur dan khas akan budaya Bali. Sebagai pembuka, ditampilkan Tari Puspanjali. Kelima bocah perempuan yang menarikannya tampak lemah gemulai dan tak sepi tepuk tangan.

Menariknya, selepas tari tradisional, penampilan kedua muncul dengan tajuk Baby Shark Dance yang sedang tren di kalangan masyarakat khususnya anak-anak dengan gerakan shark (ikan hiu) yang khas. Selepas Baby Shark Dance, penampilan pun dilanjutkan dengan Gerak dan Lagu Kupu-Kupu, Tari Gopala, Penguin Dance, Tari Kreasi Sledet Pong, Senam Gemu Famire.

Penampilan semakin komplit karena Ni Made Misela Cempaka Putri Subrata, penyanyi cilik dari TK Saraswati 2 Denpasar yang sarat akan prestasi, tampil. Dia membawakan dua lagu yang bertajuk Sang Hyang Dedari dan Sekadi Bintang, sukses membuat penonton berdecak kagum akan merdunya suara dan keluwesannya di panggung.

Kepala Sekolah TK Saraswati 2 Denpasar Ni Wayan Darning SPd MPsi sangat mengapresiasi penampilan siswa-siswinya. Dia berharap kegiatan yang mewadahi kreativitas seni dan kebudayaan Bali agar terus berlanjut. “Pemerintah terus menyelenggarakan event-event seperti ini karena sifatnya melatih dan mendidik anak terutama mental dan keberaniannya. Ya semoga terus berlanjut kegiatan yang sifatnya seperti ini,” harapnya. *ind

Komentar