nusabali

Bupati Suwirta Percepat Pelabuhan Segitiga Emas

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-percepat-pelabuhan-segitiga-emas

Guna mengimbangi pesatnya perkembangan pariwisata di Nusa Penida, Klungkung, dibutuhkan pelbagai sarana penunjang, seperti pelabuhan.

SEMARAPURA, NusaBali

Untuk itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendorong percepatan pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas. Hal itu disampaikan saat rapat pembahasan finalisasi Master Plan Penataan Pelabuhan Sampalan Nusa Penida, di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (9/11).

Pelabuhan Sampalan menjadi salah satu bagian dari Pelabuah Segitiga Emas. Lebih lanjut, kata Bupati Suwirta, pembangunan pelabuhan segitiga emas ini untuk menguatkan arus lalulintas Klungkung daratan-Nusa Penida-Nusa Lembongan. Sarana ini juga untuk memperkuat daya saing destinasi pariwisata, mengurangi kerusakan biota laut di pesisir pantai akibat banyaknya area pantai yang digunakan sebagai pelabuhan.

Dalam kesempatan itu, konsultan dari Multi Habitat, Ginanjar, mengatakan salah pengembangan Pelabuhan Sampalan ke depannya akan mampu menampung delapan speedboat sekali sandar. Pelabuhan ini di atas lahan sekitar 5.000 m2 dan  bangunan dermaga menampung 300 penumpang, dan area parkir kendaraan cukup luas.

Menanggapi pemaparan dari pihak konsultan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta peningkatan kapasita penumpang pada gedung pelabuhan. Mengingat kondisi saat ini jumlah penumpang sangat banyak di masing masing pelabuhan yang tersebar. Apalagi saat musim libur dan hari raya. Bupati Suwirta berharap gedung pelabuhan lebih luas, nyaman bagi penumpang, dan memiliki pemandangan indah menghadap ke laut. “Dalam pengoperasian dermaga nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola bergaya swasta. Dengan begitu,  manajemen dan pelayanan kepada pengguna maupun pengusaha boat diharapkan akan lebih baik,” ujar Bupati Suwirta. Rapat dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Klungkung Nyoman Sucitra. *wa

Komentar