nusabali

Musim Penghujan, Tim Fogging Mulai Dikerahkan

  • www.nusabali.com-musim-penghujan-tim-fogging-mulai-dikerahkan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Denpasar mulai mengerahkan Tim Fogging untuk mengantisipasi tumbuhnya jentik nyamuk pada musim penghujan yang menyebabkan demam berdarah dengue (DBD).

DENPASAR, NusaBali
“Pengerahan ini untuk mengantisipasi musim penghujan yang sudah mulai pada bulan November hingga Desember 2017 ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini didampingi Kabid Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, IB Gede Eka Putra, Senin (6/11).

Menurut dr Sri Armini, pada November hingga Desember merupakan bulan musim penghujan yang diprediksi akan menyebabkan banyaknya genangan air seperti pada kontainer, selokan, wadah-wadah plastik ataupun kaleng bekas, kulit buah-buahan, lobang batu, dan tempat lainnya. "Ini tentunya menjadi tempat yang sangat potensial bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk bersarang dan berkembang biak yang berakibat pada meningkatnya penularan penyakit DBD sehingga sering kali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB)," ujarnya.

Selain upaya dari Dinkes, masyarakat juga diimbau menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun di luar rumah. Salah satu bentuk kegiatan yang paling efektif dan efisien untuk tujuan tersebut adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). “Kami selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan terutama melaksanakan PSN Plus,” ujarnya. *m

Komentar