nusabali

Survei CSIS: 70,8% Generasi Milenial Puas terhadap Jokowi-JK

  • www.nusabali.com-survei-csis-708-generasi-milenial-puas-terhadap-jokowi-jk

Center for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan survei kepada generasi milenial tentang tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

JAKARTA, NusaBali
Hasilnya, sebanyak 70,8 persen responden puas atas pemerintahan Jokowi-JK. Survei CSIS dilakukan pada 23-30 Agustus 2017 dengan jumlah 600 responden generasi milenial yang sudah memiliki hak pilih. Responden survei ini berusia 17-29 tahun.

Responden dipilih secara acak (multistage random sampling) dari 34 provinsi di Indonesia. Survei dirilis di auditorium CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

Margin of error dari survei ini sebesar +/- 4 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan quality control-nya 20 persen sampel melalui spot-check dan 50 persen diverifikasi via telepon.

Dari hasil survei tersebut, 70,8 persen generasi milenial puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK dalam tiga tahun ini. Sedangkan 29,0 persen tidak puas dan sisanya, 0,2 persen, tidak menjawab atau menjawab tidak tahu.

Peneliti CSIS Yose Rizal Damuri melakukan survei terhadap generasi milenial karena saat ini belum ada yang melakukan hal itu secara khusus. Dia menyebut ada pemikiran berbeda antara generasi milenial dan yang bukan milenial. "Kita melihat bagaimana aspirasinya dari generasi muda. Sehingga kita pilih sampel untuk anak muda karena selama ini ada pandangan yang berbeda antara generasi milenial dengan tidak namun selama ini datanya hanya lewat pertanyaan online," ujar Yose, seperti dilansir detikcom. *

Komentar