nusabali

Penghormatan Tiga Hari untuk Choirul Huda

  • www.nusabali.com-penghormatan-tiga-hari-untuk-choirul-huda

Media Dunia Soroti Tewasnya Kiper Persela

JAKARTA, NusaBali
PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Choirul Huda, kiper Persela Lamongan, mulai 18-20 Oktober. "Rencananya mulai 18-20 Oktober, semua tim akan gunakan jersey khusus yang kami siapkan," kata Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigor Shalomboboy disitat  CNN Indonesia.com di Kantor PT LIB, Selasa (17/10).

Choirul Huda merupakan legenda sepak bola Lamongan. Persela Lamongan, menjadi klub profesional satu-satunya yang pernah dibela sejak 19 tahun silam. Pemain yang juga sempat membela Timnas ini meninggal pada Minggu (15/10) sore, tidak lama setelah bertabrakan dengan rekan setimnya, Ramos Rodrigues dalam pertandingan melawan Semen Padang. Di akhir pertandingan, Persela menang 2-0.

"Jadi sebelum pertandingan akan ada mengheningkan cipta selama satu menit dan semua menggunakan jersey khusus untuk menghormati almarhum Choirul Huda," jelas Tigor. Selama tiga hari mendatang, pemain yang bertanding di kompetisi Liga 1 akan masuk ke lapangan dengan menggunakan jersey berwarna kuning dengan tulisan pada bagian depan nama Choirul Huda dan nomor 1 di bagian dada. Kuning adalah warna kostum yang dikenakan Choirul sebelum meninggal. Ini juga jersey yang kerap digunakan kiper 38 tahun itu ketika tampil membela Persela.

Setelah sesi foto, pemain akan berjalan ke area lingkaran tengah lapangan untuk mengheningkan cipta selama satu menit. Baju khusus tersebut kemudian dikembalikan ke bangku cadangan, sebelum kick-off. "Kami tak pernah berhenti untuk selalu mengajak semua pihak terlepas dari semua kejadian yang ada. Kami berharap ini proses untuk bersama-sama mulai dari awal untuk jadi lebih baik lagi dan berada di kualitas tertinggi," ujar Tigor.

Seperti disitat Sindo, kabar duka dari lapangan hijau ini kemudian turut disorot media asing. Sejumlah media ternama seperti The Sun, Dailymail, ESPN, Mirror, Foxsport, Skysport, Washington Post, Sports Illustrated, Bleacher Report, Evening Standard, dan beberapa media lainnya di berbagai belahan dunia menulis pemberitaan meninggalnya Choirul Huda.

“Legendary Indonesian goalkeeper Huda passes away following tragic midgame collision (Kiper legenda Indonesia meninggal dunia setelah bertabrakan dengan tragis di pertengahan pertandingan),” tulis judul di salah satu media di Inggris. “Choirul Huda, Indonesian goalkeeper, dies after collision with team-mate”, demikian judul diangkat media ternama Inggris The Guardian.

Bintang Manchester United Paul Pogba juga menyampaikan rasa bela sungkawa melalui akun media sosial Twitter miliknya. Dia juga memberikan doa untuk Choirul Huda dan keluarganya. “RIP Choirul Huda. My prayers to you and your family,” tulis Pogba.

Ucapan dukacita FIFA diunggah lewat sejumlah akun sosial media resmi mereka. Salah satunya di akun Twitter,@FIFAcom. “Sepakbola Indonesia berduka, kiper populer Choirul Huda meninggal dunia setelah insiden benturan di lapangan. Ucapan bela sungkawa kami haturkan dengan tulus untuk keluarga Choirul, klub, dan para penggemarnya di Indonesia,” tulis FIFA itu.

Tidak hanya itu, sejumlah klub Liga Primer Inggris juga menyampaikan rasa duka atas meninggalnya ayah dua anak itu. “Kami semua di #MUFCID turut berduka cita atas berpulangnya salah satu kiper Indonesia, Choirul Huda. Rest in peace...-Manchester United,” cuit akun @ManUtd_ID.

Sementara Chelsea menulis di akun @chelseafc_indo. “Chelsea Football Club mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya kiper Persela FC Choirul Huda. #CFCIndo-Chelsea FC”. *

Komentar