nusabali

Irlandia Terancam Badai Ophelia

  • www.nusabali.com-irlandia-terancam-badai-ophelia

Irlandia sedang bersiap menghadapi badai Ophelia yang datang dari Samudera Atlantik, yang disebut-sebut sebagai badai terburuk dalam hampir 60 tahun ini.

DUBLIN, NusaBali
Harian The Independent, Minggu (15/10/2017), melaporkan, badai yang telah menguat menjadi Kategori 1 itu sedang bergerak menuju kepulauan di wilayah Inggris.
 
Namun, badai yang mulai menguat sejak di lepas pantai dekat Kepulauan Azores itu dinyatakan sebagai badai Kategori 3 oleh Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (AS).
 
Menurut Met Eireann, badan meteorologi nasional Irlandia,  wilayah itu sedang terancam oleh apa yang diperkirakan menjadi badai terburuk sejak tahun 1961.
 
Badai Ophelia, saat ini masih berada di barat daya Azores, dekat Portugal atau sekitar 2.500 km dari Irlandia, diperkirakan akan mencapai pantai barat negara itu, Senin (16/10/2017).
 
Badai Ophelia, badai langka Atlantik Utara, diperkirakan akan membawa angin kencang dan ombak tinggi ke lima wilayah barat Irlandia yakni Cork, Kerry, Clare, Galway, dan Mayo.
 
Kecepatan angin maksimum diperkirakan 130 kilometer per jam dan diperkirakan akan mengakibatkan hujan dengan akumulasi curah hujan hingga 10 sentimeter di Azores selatan.
 
Juru bicara Met Éireann mengatakan, Ophelia bisa jadi membawa bencana lebih buruk dari badai Debbie pada 1961 yang mematikan 16 orang di Republik Irlandia dan dua orang di Irlanda Utara. *

loading...

Komentar