nusabali

UNHI Lepas 369 Wisudawan

  • www.nusabali.com-unhi-lepas-369-wisudawan

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) kembali mewisuda sebanyak 369 mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan masa studinya.

MANGUPURA, NusaBali
Acara Wisuda Sarjana ke-52, Magister ke-24, dan Doktor ke-12 UNHI digelar di Westin Resort, Nusa Dua, Badung, Sabtu (14/10).

Sebanyak 369 mahasiswa yang diwisuda ini, terdiri dari 186 orang dari Fakultas Ekonomi, 6 orang dari Fakultas MIPA, 87 orang dari Fakultas Pendidikan Agama dan Seni, 11 orang dari Fakultas Kesehatan, 18 orang dari Fakultas Teknik, 11 orang dari Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, serta 50 orang dari Program Pascasarjana.

Dari 369 mahasiswa itu, ada empat orang lulusan terbaik yang berasal dari wisudawan S1, S2, maupun S3, yakani Kadek Ayu Pradnya Sari dengan IPK 3,81 dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik, Ni Wayan Ayu Setya Dewi dengan IPK 3,81 dari Prodi Seni Tari Keagaaman Hindu Fakultas Pendidikan Agama dan Seni, Ni Made Sinar Sari dengan IPK 3,83 dari Magister Program Studi Ilmu Agama dan Kebudayaan, serta Dra Ni Luh Gede Adriani MSi dengan IPK 3,84 dari Program Studi Doktor Ilmu Agama dan Kebudayaan.

Rektor Universitas Hindu Indonesia, Dr Ida Bagus Dharmika MA, di hadapan para wisudawan dan wisudawati serta keluarga, berharap bekal pengetahuan yang dimiliki para sarjana ini, dapat berguna di era persaingan dewasa ini. Pihaknya berharap alumni UNHI mampu bersaing dengan alumni dari PTN atau PTS lainnya. “Dengan pengetahuan akademik yang didapat, semoga para lulusan memiliki pegangan hidup yang kokoh, tujuan dan nilai hidup yang jelas dan pasti, sehingga mampu mengentaskan diri dari kemiskinan baik material maupun spiritual,” ujarnya.

Rektor Dharmika berpesan agar lulusan menjadi orang yang cerdas berbuat dan berperilaku. Sebab, orang yang pintar berpikir dan berkata namun tidak cerdas berbuat dan berperilaku akan ditinggalkan oleh masyarakat. “Pengetahuan menuntut untuk mengandalikan sifat-sifat keraksasaan, kerakusan, keserakahan, kelobaan, dan sejenisnya. Bila sifat tersebut sudah menguasai wisesa (kebijaksanaan, red), akan memungkinkan manusia terjerembab dalam kemiskinan yang sesungguhnya,” terangnya.

Selain Wisuda Sarjana ke-52, Magister ke-24, dan Doktor ke-12, ada hal istimewa yang turut dirayakan pada perayaan wisuda kemarin. Tahun ini, UNHI meraih akreditasi B. Ini menunjukkan UNHI semakin aktif mengembangkam dan memajukan diri. “Ini menjadi kado istimewa pada Dies Natalis ke-54 tahun ini,” ucapnya.

Dikatakan, ada lima prodi berhasil terakreditasi B tahun 2017, di antaranya Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Manajemen, Prodi Akutansi dan Prodi Hukum Agama. Sementara jumlah mahasiswa UNHI kini mencapai sebanyak 4.852 orang yang terdiri dari 4.321 orang menempuh jenjang S1, 413 orang S2, dan 118 orang S3.

Acara Wisuda ini dihadiri juga Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Koordinator Kopertis Wilayah VIII Bali-Nusra,  Ketua PHDI Pusat, Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, serta pimpinan PTN dan PTS se-Bali, dan beberapa undangan lainnya. *in

Komentar