nusabali

Semarak Budaya Iringi Pendaftaran PDIP

  • www.nusabali.com-semarak-budaya-iringi-pendaftaran-pdip

Berkas pendaftaran PDIP Tabanan sementara belum diterima oleh KPU, sebab datanya belum sesuai data dalam Sipol.

Dari Baleganjur, Rangda, Barong Bangkung hingga Rebana

DENPASAR, NusaBali
Bersamaan secara nasional, DPC PDIP se Bali juga lakukan penyerahan berkas verifikasi pendaftaran ke Kantor KPU kabupaten/kota, Rabu (11/10). Prosesi pendaftaran pun tampak semarak, dimulai dengan aksi long march (berjalan kaki) menuju kantor KPU dan atraksi budaya. Seperti jajaran pengurus dan kader DPC PDIP Denpasar datangi kantor KPU di Jalan Puputan, Niti Mandala, Denpasar, Rabu (11/10) pukul 15.00 Wita disemarakkan baleganjur. Bahkan di Tabanan tak hanya baleganjur, Barong Bangkung, Rangda dan drumband juga semarakkan pendaftaran PDIP. 

Pantauan NusaBali, penyerahan berkas pendaftaran PDIP Denpasar dilakukan langsung Ketua DPC I Gusti Ngurah Gede, bersama Sekretaris DPC Kadek Agus Arya Wibawa dan diterima ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Dharmawan. Tampak hadir juga Sekertaris DPD PDIP Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dan seluruh anggota Fraksi PDIP DPRD Denpasar.

Sekertaris DPC PDIP Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan kemarin memang dilakukan pendaftaran serentak di DPP dan di Kabupaten/ Kota se-Indonesia. "Kami ajak personel lengkap, karena ingin menunjukkan keseriusan dan totalitas PDIP Denpasar dalam menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2019.," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Denpasar ini. 

Terkait berkas pendaftaran, pihaknya sudah melengkapi semua yang disyaratkan KPU, baik data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan melampirkan persyaratan yang paling mutlak, yaitu e-KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai. 

Sementara penyerahan berkas pendaftaran PDIP Tabanan tampak semarak. Empat barung sekaa beleganjur, dua barong bangkung, satu rangda, dua hanoman merah putih, anggota Paskibraka Tabanan serta drum band iringi jajaran pengurus dipimpin Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya saat datangi kantor KPU Tabanan. Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menjelaskan pihaknya sengaja menampilkan unsur budaya karena sudah menjadi kesepakatan bersama se Indonesia agar suasana penyerahan berkas tersebut menjadi semarak. 

"Jadi dalam penyerahan ini tidak harus hanya nuansa politik tetapi juga ada nuansa budaya seperti barong bangkung yang kami tampilkan ini merupakan budaya yang ada di Tabanan," tandas Sanjaya. Namun berkas pendaftaran PDIP Tabanan sementara belum diterima oleh KPU Tabanan, sebab datanya belum sesuai data dalam Sipol. “Berkas yang disetorkan melebihi data sipol. Data sipolnya 682, tetapi jumlah daftar anggota yang diserahkan 693, dan berkas foto kopi KTP dan KTA 696," ungkap Ketua KPU Tabanan, Luh Darayoni.

Sehingga kata Darayoni berkas tersebut langsung dikembalikan meminta untuk disesuaikan dengan data yang ada di sipol. "Untuk penyetoran berkas tidak lebih apalagi kurang, jadi harus sesuai dengan data sipol," tegasnya. Untuk itu pihaknya akan menunggu berkas kembali disetorkan karena masih ada waktu.

Semarak budaya juga dihadirkan PDIP Jembrana saat mendaftar ke KPU Jembrana, kemarin. Ratusan kader yang datangi KPU Jembrana diiringi kesenian Baleganjur hingga Rebana. Sekretaris DPC PDIP Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi mengatakan pihaknya membawa 520 KTA/KTP bersama sejumlah dokumen administrasi lainnya. Jumlah tersebut sudah sesuai dengan data yang telah diisi dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Semua berkas sudah kami serahkan,” ujar Sri Sutharmi yang juga Ketua Komisi A DPRD Jembrana ini. 7 m, d, ode

Komentar