nusabali

Belanda Melawan 'Kemustahilan'

  • www.nusabali.com-belanda-melawan-kemustahilan

Piala Dunia 2018 Rusia terancam tanpa salah satu tim papan atas Eropa, Belanda. 

PARIS, NusaBali
Pasalnya hingga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A tinggal menyisahkan satu laga lagi, Belanda tertahan di peringkat tiga klasemen sementara. Sedangkan Prancis di puncak klasemen, diikuti Swedia.

Belanda akan menjamu Swedia di Amsterdam Arena di laga pamungkas Grup A, Rabu (11/10) dinihari nanti. Peluang Belanda lolos memang belum tertutup, tapi syaratnya sangat berat. Yakni, Belanda harus mengalahkan Swedia dengan margin minimal 7 gol. 

Itu satu-satunya cara bagi pasukan Dick Advocaat menggeser Swedia, dari posisi dua dan meraih tiket ke babak play-off. Di pertemuan pertama kedua tim bermain 1-1 di Solna, Swedia. Ya, sepertinya Belanda harus mengucapkan selamat tinggal untuk maju ke Rusia.

Mengalahkan Swedia tujuh gol tentu bukan perkara mudah. "Menang dengan margin besar masih mungkin. Jika Swedia bisa, kami juga bisa," kata striker Belanda Vincent Janssen.

"Peluangnya memang sangat tipis. Namun selama peluang itu ada, kami harus tetap berjuang. Ini misi yang sangat sulit, tapi hal-hal lebih gila sudah pernah terjadi di sepakbola."

Optimisme itu tetap ada. Namun, jika dipikir secara realistis, Belanda sepertinya sudah harus pasrah mereka takkan lolos ke Rusia. Kapten tim Arjen Robben pun mengakui, menang 7-0 atas Swedia di kandang sendiri tidak akan terjadi. Ini seperti melawan ‘kemustahilan’.

Pelatih Belanda Dick Advocaat mengaku masih menyimpan harapan untuk bisa mengantarkan negaranya ke Piala Dunia 2018. Ia juga mengatakan masih ada kesempatan merealisasikan target itu di laga kontra Swedia.

“Ya, kenyataannya adalah sangat sulit (untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018). Namun ini semua belum selesai. Kami masih akan menjalani satu pertandingan. Masih ada kemungkinan,” ucap Advocaat, Senin (9/10).

Jika Belanda pada akhirnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018.  Itu membuat mereka harus melalui dua ajang besar tanpa berpartisipasi. Sebelumnya Belanda juga gagal lolos ke putaran final Pial Eropa 2016  di Prancis. Belanda pun absen di Piala Dunia 2012. *

loading...

Komentar