nusabali

Monumen Pesawat Terbang Berdiri di Desa Nyambu

  • www.nusabali.com-monumen-pesawat-terbang-berdiri-di-desa-nyambu

Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, kini memiliki Monumen Pesawat Terbang dan Galeri Marsekal TNI Ida Bagus Dunia.

TABANAN, NusaBali
Peresmian monumen dan galeri yang berlokasi di Banjar Tohjiwa, Desa Nyambu, tersebut dilakukan pada Minggu (8/10).

Monumen dan galeri tersebut dimaksudkan untuk menarik wisatawan, lantaran Desa Nyambu merupakan salah satu desa wisata di Tabanan. 

Perbekel Desa Nyambu Ida Bagus Putu Sunarbawa, menjelaskan, dasar dibuat monumen dan galeri Marsekal TNI Ida Bagus Dunia adalah sebagai ciri khas. Juga untuk pengingat bahwa ada putra Desa Nyambu yang berkarier di TNI AU hingga posisi puncak. Ida Bagus Dunia sempat menjabat sebagai KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) TNI AU. 

“Jadi sebenarnya bukan Desa Nyambu yang membuat, kami dibantu kebetulan ada link. Serta karena ada putra TNI AU, kami kaitkan dengan pesawat terbang sehingga kami buat monumen,” ungkap  Sunarbawa.

Di dalam galeri itu dipamerkan lencana, jejak karier Ida Bagus Dunia, pakaian kebesaran, dan lainnya. “Tujuan kami buatkan ini untuk membangkitkan jiwa pemuda supaya ke depanya di Desa Nyambu ada yang meneruskan menjadi TNI AU,” imbuh Sunarbawa.

Dijelaskannya, pembuatan monumen dan galeri memakan waktu delapan bulan. Pengerjaannya dibantu oleh berbagai pihak termasuk ada personel dari TNI AU dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Pesawat yang dipasang merupakan pesawat asli yang digunakan taruna dalam berlatih tetapi sudah tidak terpakai. Kemudian pesawat tersebut dimohonkan kepada KSAU untuk dibawa ke Bali.

“Datangnya sekitar dua bulan lalu, menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma. Lalu pesawat dipotong tiga untuk diangkut ke Tabanan. Selanjutnya dipasang langsung oleh teknisi TNI AU dari Halim Perdanakusuma,” jelas Sunarbawa.

Terkait tulisan Jupiter 204 di ekor pesawat, sejatinya itu bukan jenis pesawat yang dipasang di monument. Namun jenis pesawat yang pernah dioperasikan oleh Ida Bagus Dunia. 

“Ini pesawat sejenis Jupiter tapi bukan Jupiter. Di dalamnya masih ada mesinnya semata-semata sebagai pelengkap,” katanya. 

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung tidak bisa naik ke dalam pesawat, karena tidak ada tangga. Tetapi di lantai dua bisa digunakan selfie oleh wisatawan.

Sementara itu, Ida Bagus Dunia berharap ada generasi muda yang mengikuti jejaknya. “Saya berharap banyak lahir pemuda yang bisa menggapai cita-cita seperti saya,” ujarnya.

Dirinya berharap para pengunjung dapat memetik hal sederhana, bahwa keberhasilan akan terwujud asalkan ada kemauan, perjuangan keras, serta doa dari orang tua. 

Peresmian tersebut dihadiri oleh Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Wayan Superman, Muspika Kecamatan Kediri, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa, purnawirawan TNI AU, pihak adat Desa Nyambu, serta masyarakat Desa Nyambu. *d

Komentar