nusabali

Sepuluh 10 Tim Lolos

  • www.nusabali.com-sepuluh-10-tim-lolos

Kualifikasi Piala Dunia 2018 memasuki periode krusial. 

AS Terancam, Zona Afrika Sengit  

LONDON, NusaBali
Zona Asia, Conmebol, Concacaf, dan Eropa memainkan sejumlah laga penting yang menentukan tiket menuju Rusia tahun depan. 

Hingga kini, baru 10 tim yang memastikan diri berpartisipasi. Setelah tuan rumah Rusia, Brasil menjadi tim pertama yang lolos. Asia sudah menentukan empat wakil, yaitu Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi. 

Tiga tim dari zona Eropa, yakni Belgia, serta Jerman dan Inggris. Sedangkan Concacaf baru satu tim, yaitu Meksiko. Zona Afrika belum ada yang lolos, sedangkan Zona Oceania, yakni Selandia Baru haru play off dengan peringkat lima zona Conmebol. 

Jerman dan Inggris baru saja menambah daftar tim yang memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Jerman juara Grup C kualifikasi zona Eropa dan Inggris juara Grup F. Kedua tim menyusul Belgia yang lolos sejak 3 September 2017.

Piala Dunia 2018 digelar di Rusia sepanjang 14 Juni-15 Juli. Dari kuota 32 tim yang lolos, baru 10 negara baru merebut tiket. 

Di Zona Concacaf, Amerika Serikat (AS) terancam gagal, setelah lolos tujuh kali beruntun sejak 1990. Dari 8 laga, AS kalah tiga kali dan baru meraih satu poin. AS tertinggal satu poin di belakang Panama, yang akan dihadapi, Sabtu pagi ini. 

AS harus menang untuk menjaga peluang. Jika tidak, Panama mencatat prestasi lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama. Sedangkan Kosta Rika tinggal membutuhkan hasil imbang untuk ke Rusia. 

Sementara dari Zona Afrika hingga saat ini belum ada satu pun wakil yang memastikan diri lolos ke Rusia. Persaingan ketat terjadi di Grup A hingga Grup E. Hanya ada satu tim dari masing-masing grup yang berhak atas tiket Piala Dunia.

Dua tim unggulan Zona Afrika, yakni Kamerun dan Aljazair secara mengejutkan tersisih. Kamerun berstatus juara Piala Afrika 2017. Sedangkan Aljazair diperkuat dua bintang Leicester City, Riyad Mahrez dan Islam Slimani. *

Komentar