nusabali

Siswa 'Kejar Paket ' Siap Ujian Online Tahap II

  • www.nusabali.com-siswa-kejar-paket-siap-ujian-online-tahap-ii

Ratusan siswa ‘Kejar Paket’ di Buleleng siap mengikuti Ujian Nasional (UN) secara online di pelaksanaan tahap kedua.

SINGARAJA, NusaBali
Mereka yang terdiri dari siswa kejar paket B dan C tersebut juga sudah menjalani latihan untuk menjawab soal-soal ujian secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Gede Suyasa yang dihubungi Senin (2/10) kemarin mengatakan simulasi ujian online yang diikuti siswa kejar paket B dan C di Buleleng, merupakan persiapan mengikuti ujian online tahap kedua yang akan berlangsung pada tanggal 13-15 Oktober mendatang.

Pelaksanaan UN online tahap kedua ini pun diharuskan dari Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, setelah sebelumnya pada pelaksanakan tahap 1 di pertengahan tahun lalu gagal karena ketidaksiapan sarana dan juga mental peserta didik. “Kemarin waktu tahap pertama masih tertunda karena mendadak akhirnya tidak siap, nah untuk gelombang keduanya dianjurkan harus mengikuti secara online,” kata dia.

Dengan keharusan tersebut empat sekolah Kejar Paket di Buleleng yang memiliki siswa paket B dan C seperti SKB Buleleng, PKBM Hasta Kria, PKBM Widya Darma dan PKBM Sari Merta sudha mengikutkan siswanya untuk menjalani ujian online. Dari data Disdikpora Buleleng, jumlah siswa kejar paket yang akan mengikuti UN gelombang kedua sebanyak 146 orang sisw. Yang terdiri dari 30 orang siswa kejar paket B dan 116 siswa kejar paket C.

Mereka semuanya menurut Suyasa akan menjalani ujian nasional dengan meminjam fasilitas di sekolah-sekolah yang sudah memadai. Seperti di SMAN 1 Singaraja, SMK TI Bali Global dan SMKN 2 Singaraja. Keikutsertaan siswa kejar paket dalam ujian online tersebut merupakan kali pertama. Namun Suyasa optimis semua siswa dapat lulus.

“Secara umum dari simulasi yang dilakukan semua berjalan lancar dan tanpa kendala. Mereka paham semua dan tidak ada yang mengalami hambatan yang berarti,” kata Suyasa. Dengan pelaksanaan ujian online ini pun diharapkan dapat memacu siswa kejar paket lainnya untuk menyetarakan diri dengan siswa di sekolah umum. *k23

Komentar