nusabali

Dua Badan PHDI Banten Segera Bertugas

  • www.nusabali.com-dua-badan-phdi-banten-segera-bertugas

Setelah dilantik oleh Ketua PHDI Banten Ida Bagus Alit Atmaja, Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat Hindu provinsi Banten yang diketuai dr. Gede Subagia dan Badan Keamanan Adat/Pecalang Jagabaya provinsi Banten dengan ketua Made Yadnya segera bertugas. 

JAKARTA, NusaBali
Bahkan dalam waktu dekat mereka sudah memiliki agenda. "Badan Pecalang segera bertugas untuk pengamanan adat upacara di Pura Eka Wira Anantha, Serang pada 5 Oktober," ujar Alit kepada NusaBali, Senin (2/10).
 
Lalu pengamanan adat saat upacara Diksa Pariksa Jro Mangku Gede Prof. Wayan Ardhana yang berlangsung 23 November 2017 di Pura Merta Sari Rempoa, Tangerang Selatan. 
 
Tak ketinggalan pengamanan menyongsong perayaan Tahun Baru 2018 mendatang. Sampai saat ini anggota pecalang 75 orang. Sementara tugas Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat, kata Alit, dalam sebulan ini mendata jumlah dokter, paramedis dan relawan kesehatan se Banten. Kini yang sudah terdata ada 49 orang.
 
Nantinya mereka akan melakukan baksos dan pengobatan gratis menjelang upacara di setiap Pura. Lalu membantu gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS mencakup lima tatanan yaitu PHBS di rumah tangga, sekolah, institusi kesehatan, tempat kerja dan di tempat-tempat umum.
 
Oleh karena itu, PHBS perlu disosialisasikan ke Pura di provinsi Banten secara berkala. "Minimal dua bulan sekali," kata Alit. Dengan gerakan PHBS diharapkan seseorang, keluarga atau masyarakat mampu menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. *k22

Komentar