nusabali

Sanggar Aswini Kembar Andalkan Penabuh Remaja

  • www.nusabali.com-sanggar-aswini-kembar-andalkan-penabuh-remaja

Sanggar Aswini Kembar yang beralamat di Jalan Tukad Yeh Aya, Panjer Denpasar tengah bersiap diri setelah ditunjuk menjadi duta pendamping dalam parade gong kebyar wanita pada Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2016 yang mengangkat tema 'Karang Awak'.

DENPASAR, NusaBali
“Kami ditunjuk langsung oleh Dinas Kebudayaan untuk menjadi duta pendamping di Parade Gong Kebyar Wanita. Persiapan sudah kami lakukan dengan menggelar latian secara rutin,” ujar pimpinan sanggar Aswini Kembar, Made Ari Susandi, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, guna memantapkan persiapan pihaknya melibatkan para seniman-seniman di Denpasar untuk ikut melakukan pembinaan. Adapun penabuh yang dilibatkan adalah remaja wanita yang masih berusia sekolah dan jarang ada di daerah lain, sekitar 35 penabuh. “Kami telah menyiapkan sejumlah materi yang akan dibawakan. Diantaranya Tabuh Telu Pepanggulan Batur Sari, Tari Penyambutan Puja Prasanya, Tabuh Kreasi Palguna Warsa, dan Tari Kreasi Aswini Kembar,” jelasnya.

Meski rata-rata para penabuhnya masih duduk di bangku sekolah, Susandi mengaku tetap memperhatikan serta menyesuaikan jadwal belajar mereka dengan waktu pembinaan agar tidak terganggu.

“Kami selalu tekankan mereka untuk mengutamakan sekolah. Karena itu kami menyesuaikan waktu pembinaannya. Namun bisa dilihat pula semangat mereka untuk berkesenian sangat tinggi,” katanya.

Tidak lupa, Sanggar Aswini Kembar dalam membina remaja selalu mengajarkan konsep ngayah sebagai yang utama dalam memberikan persembahan.

“Kami selalu katakan pada anak didik kami agar tak takut ngayah. Karena itu, dalam PKB kali ini kami siap ngayah demi kelestarian seni dan budaya di Bali,” pungkasnya. 7 i

Komentar