nusabali

Presiden Ingatkan Kampus Jangan Jadi Tempat Penyebaran Paham Anti Pancasila

  • www.nusabali.com-presiden-ingatkan-kampus-jangan-jadi-tempat-penyebaran-paham-anti-pancasila

Presiden Joko Widodo mengingatkan perguruan tinggi adalah kawahnya pengetahuan, sumbernya pencerahan, sehingga sangat berbahaya kalau sudah menjadi tempat berkembangnya ideologi radikal.

Hadiri Deklarasi Kebangsaan   


MANGUPURA, NusaBali
“Jangan sampai kampus jadi penyebaran anti ideologi, anti Bhineka Tunggal Ika. Apabila kita cinta Indonesia, cinta Pancasila, cinta Bhineka Tunggal Ika, kita harus hentikan semua aksi radikalisme dan terorisme,” ujar Presiden Jokowi di hadapan sekitar 3.000-an rektor dari seluruh Indonesia, di acara Deklarasi Kebangsaan Perguruan Tinggi se-Indonesia Melawan Radikalisme, di Peninsula Island, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (26/9).

Presiden Jokowi mengemukakan, sekarang ini telah terjadi infiltrasi ideologi yang ingin menggantikan Pancasila dan memecah belah Indonesia. Infiltrasi ini muncul dengan cara-cara baru, halus, lembut, dengan pendekatan yang akrab dan sering menyentuh hati, sehingga kita lupa kalau kita memiliki Pancasila.

“Kuatkan persatuan, kuatkan persaudaraan. Jangan sampai hasil kerja keras untuk anak cucu kita hancur karena radikalisme, hancur karena terorisme. Untuk itu saya bangga dan apresiasi kegiatan ini yang mendeklarasikan kebulatan tekad pada Pancasila dan berpegang teguh pada UUD 45,” tegasnya.

Presiden Jokowi yang didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, juga meminta agar perguruan tinggi dapat lebih inovatif dan berani melakukan terobosan untuk membuka program studi atau jurusan sesuai dengan perkembangan zaman seperti jurusan logistik, jurusan retail manajemen, dan jurusan inovatif lainnya. Presiden juga meminta agar pembinaan ideologi Pancasila dimasukkan lagi dalam sistem pendidikan, dan menjadikan kampus sebagai tempat tumbuhnya kerukunan dan persaudaraan, bukan sebagai tempat tumbuhnya paham radikalisme dan terorisme.

Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan karena Indonesia negara besar yang memiliki 714 suku, beragam bahasa, dan 17.000 pulau dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 258 juta jiwa. *bin

Komentar