nusabali

Bayar Pajak Kendaraan via e-Samsat Hanya 5 Menit

  • www.nusabali.com-bayar-pajak-kendaraan-via-e-samsat-hanya-5-menit

Subdit Regident Direktorat Lantas Polda Bali terus meningkatkan pelayanan masyarakat.

DENPASAR, NusaBali

Salah satunya proses pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kini bisa dilakukan melalui e-Samsat. Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Anak Agung Made Sudana mengatakan, pembayaran melalui e-Samsat bisa dilakukan melalui ATM, Internet Banking maupun mobile banking. Dengan kemudahan ini, masyarakat tidak perlu antri karena pembayaran bisa dilakukan di mana saja. “Pelayanan e-Samsat ini lebih kepada transparansi dalam hal pelayanan. Kita tahu bahwa masyarakat selalu ingin proses cepat dan paling anti berbelit-belit apalagi banyak birokrasi,” ujar Kombes Sudana didampingi Kadispenda Bali I Made Santa seusai melakukan uji coba e-Samsat di Kantor Samsat Bersama Denpasar, Rabu (20/9).

Dalam uji coba tersebut, Kombes Sudana menegaskan proses pembayaran hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima menit. Sekarang ini pelayanan e-Samsat baru bisa hanya melalui bank lokal, yaitu BPD Bali. Sedangkan launching secara nasional dijadwalkan Oktober 2017 termasuk juga di Polres-Polres. “Masih ada waktu untuk terus melakukan uji coba sehingga saat launching secara nasional tidak ada lagi hambatan dalam masalah sistem,” tegas mantan Kabid Humas Polda Bali ini.    

Bagaimana dengan biro jasa? Kombes Sudana mengatakan para biro jasa nantinya dibuatkan ID card untuk bisa masuk melaksanakan proses samsat.  “Jadi, orang yang masuk hanya berurusan dengan proses Samsat,” ungkapnya. Sementara itu, Paur STNK Subdit Regident, AKP I Wayan Mudiasa menambahkan, mekanisme e-Samsat ini terlebih dahulu dengan menyelesaikan proses pembayaran. Bukti pembayaran dibawa saat proses pengesahan STNK.  

“Untuk sementara pelayanan e-Samsat hanya untuk pengesahan setiap tahun,” imbuhnya. Selain memberikan kemudahan dalam pembayaran kendaraan bermotor, Dit Lantas Polda Bali juga terus mendekatkan diri kepada pelajar. Kali ini, Dit Lantas menggelar adu kecakapan dan keahlian antar SMA dan SMP se-Bali yang digelar di GOR Ngurah Rai di Jalan Melati, Denpasar, Rabu (30/9). *rez

Komentar