nusabali

Rakyat Indonesia Jangan Takut

  • www.nusabali.com-rakyat-indonesia-jangan-takut

Pasca terjadinya ledakan bom di Sarinah, para menteri berdatangan ke Istana Negara, Jakarta Pusat. Kehadiran mereka untuk menggelar rapat terkait dengan kejadian teror di kawasan Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, kemarin (14/1).

Asita berharap tak ada travel warning

JAKARTA, NusaBali
Pantauan di lokasi, pukul 15.50 WIB para menteri memasuki Istana. Mereka di antaranya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, dan Kepala BIN Sutiyoso.

Presiden Jokowi tiba di Istana sekitar pukul 16.05 WIB menggunakan helikopter kepresidenan. Jokowi sengaja mempersingkat kunjungannya ke Cirebon, Jawa Barat, karena ada peristiwa ledakan ini. Jokowi lalu memantau lokasi ledakan.

Sekitar pukul 16.00 Wib Jokowi didampingi Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo  turun dari mobil dinas, berjalan menuju lokasi ledakan.

Jokowi melihat dan berbincang dengan Kapolri dan Panglima TNI di depan Starbucks Thamrin dan di depan Gedung Cakrawala.

“Negara, bangsa, dan rakyat Indonesia tidak boleh takut dan tak boleh kalah oleh aksi teror,” kata Presiden Joko Widodo, setelah terjadi serangan bom dan senjata di Jakarta, hari Kamis (14/1).
 
Presiden telah memerintahkan Kapolri dan Menkopolhukam untuk mengejar dan menangkap pelaku serangan dan orang-orang yang ada dalam jaringan mereka. Selain itu Presiden Jokowi juga meminta agar masyarakat tenang.
 
Terkait dengan travel advice dari Australia, Inggris, dan Amerika Serikat pasca ledakan bom Sarinah, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) mengharapkan tidak berkembang menjadi travel warning ke Indonesia.

"Kami juga berharap agar negara-negara tertentu tidak mengeluarkan travel warning agar tidak memperburuk situasi ini (pasca ledakan bom)," kata Ketua Asita Asnawi Bahar  seperti dilansir kompas di Jakarta, Kamis (14/1) sore.

Asnawi menyarankan agar para wisatawan asing di Indonesia tetap menikmati perjalanan di Indonesia. Asnawi pun menyakinkan jika pihak Indonesia akan menjaga keselamatan keberadaan para wisatawan asing di Indonesia. "Harapan kami pihak keamanan dengan cepat bisa menyelesaikan hal ini," ungkapnya.
 
Sebelumnya, tiga negara yakni Australia, Amerika Serikat, dan Inggris telah mengeluarkan travel advice kepada para warga negara masing-masing yang sedang berada di Jakarta.
 
Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Belanda menyatakan satu warganya mengalami luka parah dalam teror bom yang melanda Jakarta kemarin (14/1). "Sejauh ini, seorang pria Belanda mengalami luka serius," demikian statemen Kementerian Luar Negeri Belanda seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (14/1).

"Kedutaan Belanda saat ini tengah melakukan kontak dengan otoritas setempat untuk melihat apakah ada korban-korban warga Belanda lainnya," imbuh kementerian.

Tidak disebutkan identitas warga Belanda yang terluka itu. Namun saat ini, korban tengah menjalani operasi. "Seorang warga Belanda telah terluka parah dan kini sedang menjalani operasi di sebuah rumah sakit di Jakarta," ujar Angele Samura, Penasihat Keamanan Kedutaan Belanda di Jakarta, seperti dilansir cnn, Kamis (14/1). Namun Seskap Pramono Anung saat konferensi pers menyatakan bahwa warga asing yang tewas adalah warga Kanada. 7

Komentar