nusabali

KESEHATAN: Minum Air dengan Perlahan

  • www.nusabali.com-kesehatan-minum-air-dengan-perlahan

Ketika sudah merasa haus, banyak orang cenderung minum air putih dengan cara keliru, yang akhirnya membuat tubuh tidak mampu menyimpan cairan dengan baik.

Leonard Smith, ahli penyakit saluran pencernaan di Southern Florida, mencontohkan, setelah melakukan olahraga di gym, lari jarak jauh, atau kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, seseorang cenderung akan menenggak air dari botol, sekaligus dalam jumlah banyak, dalam waktu singkat.

Cara itu memang menghilangkan rasa haus, tapi minum air putih yang terburu-buru dan sekaligus banyak justru dapat menghilangkan manfaat sehat minum air putih. Menurut Smith, sehaus apapun, sebaiknya tak pernah menenggak satu botol air sekaligus. Itu akan membuat buang air kecil lebih sering, yang berarti tubuh menyingkirkan air lebih banyak. Dengan kata lain, walau sudah minum banyak, tapi tubuh tetap dehidrasi seperti sebelumnya.

Efek dehidrasi yang umum terjadi adalah tubuh terasa sangat lelah, pusing yang tidak hilang setelah mengubah posisi dari duduk ke berdiri, hingga kesadaran menurun. Terlalu banyak air yang masuk sekaligus ke dalam tubuh juga dapat menyebabkan keracunan air yang secara medis dikenal sebagai hiponatremia. Ini disebabkan oleh minum terlalu banyak air dalam waktu terlalu singkat, sehingga molekul air tidak dapat masuk ke dalam darah, melainkan masuk ke sel, yang membuatnya membengkak.

“Kondisi itu pernah terjadi pada tahun 2014, di mana seorang remaja berusia 17 tahun meninggal setelah minum terlalu banyak air usai latihan sepak bola. Pada 2007, wanita berusia 28 tahun minum dua galon air dalam waktu singkat untuk sebuah kontes radio dan meninggal, karena hiponatremia,” ujarnya dilansir msn.com.  

Jadi cara sehat untuk minum air putih adalah meminumnya pelan-pelan. Sesap air dengan perlahan, 60 - 80 ml sekali minum, sepanjang hari, hingga mencukupi kebutuhan air sekitar 2 liter setiap hari. Jika benar-benar pusing atau mengalami dehidrasi, minumlah air dalam jumlah lebih banyak secara perlahan. Usahakan jangan terlalu cepat. Beri jeda setelah 3 teguk, 1-2 menit, lalu lanjutkan lagi. Walau mungkin tak akan menenggak air 2 liter atau 2 galon air sekaligus, tapi cara terbaik untuk menghidrasi tubuh tetaplah minum secara perlahan. *

Komentar