nusabali

Hanura Klungkung Tunggu Koalisi Pilgub

  • www.nusabali.com-hanura-klungkung-tunggu-koalisi-pilgub

Jika arah koalisi di DPD dengan Golkar, maka Hanura di Klungkung otomatis akan berkoalisi dengan Golkar.

Untuk Tentukan Arah Koalisi di Pilkada Klungkung 2018


SEMARAPURA, NusaBali
Suhu politik menjelang Pilkada Klungkung 2018 sejauh ini masih terbilang adem. Sejumlah partai politik (parpol) masih menunggu instruksi dari induk partainya dalam menentukan ke mana arah koalisi, termasuk figur yang akan diusung.

Seperti Partai Hanura Klungkung yang sebelumnya mereka sudah getol akan berkoalisi dengan PDIP. Bahkan Hanura sampat membuat skenario untuk memaketkan jagoannya Ni Made Suastini penyanyi Pop Bali yang beken disapa Dek ulik dengan salah satu figur PDIP, yakni Ketut Mandia.

Namun sampai sejauh ini koalisi tersebut masih bersifat cair, jadi kemungkinan berkoalisi dengan partai lain masih terbuka lebar. Yang jelas Hanura akan siap mengikuti ke manapun arah koalisi di tingkat DPD (provinsi). “Setidaknya kami sudah menyusun skenario paket, kalau dengan merah sudah ada, kalau dengan kuning juga ada, termasuk dengan figur incumbent (Nyoman Suwirta),” katanya.

Jika arah koalisi di DPD dengan Golkar, maka Hanura di Klungkung otomatis akan berkoalisi dengan Golkar. Mereka juga sudah melirik figur Golkar dari Nusa Penida, yakni Made Wijaya. Di samping itu Hanura juga melakukan pendekatan dengan Nyoman Suwirta yang saat ini masih menjabat Bupati Klungkung. “Kalau Pak Suwirta berhasil diajak bergabung tentu akan muncul paket Suwirta-Dek Ulik,” ujar sumber di internal Hanura Klungkung ini.

Dikonfirmasi terpisah Ketua DPC Hanura Klungkung, I Wayan Suyasa mengakui sejauh ini sudah menjalin komunikasi politik dengan lintas parpol, termasuk dengan figur incumbent Nyoman Suwirta. Hanya saja untuk ke mana arah koalisi suasananya masih cair. “Kita di DPC akan berpatokan di DPD mengenai arah koalisi, kalau berbeda tentu akan susah di lapangan nanti mengingat Pilkada dan Pilgub Bali digelar bersamaan,” ujar Suyasa kepada NusaBali, Selasa (12/9).

Di samping itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah skrenario paket untuk Pilkada mendatang. Baik ketika berkoalisi dengan figur incumbent, Golkar, PDIP dan parpol lainnya. “Kita sudah siap menghadapi Pilkada, kalau pun harus berhadapan dengan incumbent kita juga siap,” tegasnya. Sejauh ini Hanura menjagokan Dek Ulik untuk diusung di Pilkada Klungkung 2018. *wa

loading...

Komentar