nusabali

FENG-SHUI: Feng Shui Ruang Perpustakaan

  • www.nusabali.com-feng-shui-feng-shui-ruang-perpustakaan

Membaca merupakan salah satu kegemaran yang memberikan banyak manfaat.

Dari kegiatan itu, Anda akan mendapatkan berbagai macam pengalaman tanpa harus mengalaminya sendiri. Dari begitu banyak jenis dan ragam buku yang dapat dibaca, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan dan informasi yang diperlukan. Ibaratnya, buku memang jendela informasi yang tidak terhingga.

Oleh karena itu, ruang perpustakaan yang biasa dipergunakan untuk menyimpan koleksi buku, kadang menjadi area favorit bagi keluarga yang gemar membaca. Bahkan, bisa jadi, ruang perpustakaan keluarga tidak hanya menjadi ruang baca, tapi juga menjadi ruang kerja, atau bahkan bisa menjadi ruang tamu khusus untuk teman dekat dan rekan.

Memang, ruang perpustakaan merupakan salah satu penunjang keberhasilan dan kemajuan seseorang. Karena itu, ruangan perpustakaan sebaiknya ditempatkan pada posisi yang baik, seperti di ‘Area Hawa Hidup’ atau ‘Shen Chi’, serta ‘Area Panjang Umur’ atau ‘Yen Nien’. Sehingga, pada saat membaca atau belajar, juga akan mendapatkan pengaruh Chi positif dari energi bumi. Area bagian Tenggara pada penataan ruangan dalam rumah, juga merupakan posisi yang baik, karena posisi ‘Bintang Sastra’ pada perhitungan Ba Zhai dengan Angka Fei Xing 4, akan selaras untuk aktivitas belajar atau membaca.

Bila Anda sedang membaca, yang diperlukan tentulah suasana ketenangan. Karena itu ruang perpustakaan di dalam rumah sebaiknya tidak diletakkan di dekat area anak-anak, seperti ruang bermain. Kalau memungkinkan, ruang perpustakaan diletakkan jauh dari kamar mandi atau area Sha Chi (Chi Buruk). Dengan demikian, suasana membaca tidak akan terganggu dan lebih memberikan konsentrasi.

Ruang perpustakaan bisa diletakkan berdekatan, atau bahkan menyatu dengan ruang kerja. Sebab, kedua ruangan itu memiliki banyak persamaan sifat dan fungsi. Bisa juga ditempatkan di dekat kamar tidur utama. Karena, pada banyak orang, kegiatan membaca biasa dilakukan menjelang istirahat sebagai pengantar tidur.

Selain membutuhkan ketenangan, ruang perpustakaan juga perlu diberi suasana kenyamanan. Sehingga, pada saat membaca akan mudah mendatangkan inspirasi. Kenyamanan dapat ditimbulkan dalam suasana ruangan yang selaras dengan Kua pemilik. Di dalam ruangan, misalnya, meja duduk dan cara membaca akan lebih baik bila diatur selaras dengan posisi duduk menghadap ‘Bintang Sastra’ pemiliknya. Begitu juga dengan penempatan rak-rak bukunya. Untuk menunjang suasana, pilihlah warna dinding yang dapat menumbuhkan kreativitas dan imajinasi. Berikan lukisan dengan nuansa Air, atau letakkanlah akuarium di posisi Tenggara, selaras Area Air, agar lebih dapat menghidupkan Chi di dalam ruangan. Jaga agar ruang perpustakaan memiliki sirkulasi udara yang baik, serta pencahayaan yang cukup. Karena, udara dan cahaya kerap menjadi sarana mengalirnya Chi. Kalau mungkin, pilihlah cahaya lampu berwarna kuning agar tidak merusak mata, dan dapat menambah pengaruh positif untuk kreativitas.

Meski ada beberapa buku yang jarang dibaca atau dibuka, aneka buku di ruangan itu sebaiknya selalu dijaga kebersihannya dari debu serta binatang kecil seperti ngengat, yang dapat merusak kertas, agar tidak menyimpan Sha Chi atau energi buruk di dalamnya. Dengan demikian, di dalam ruang perpustakaan itu akan tetap muncul Chi positif dan memberikan banyak manfaat. *

Komentar