nusabali

Aksi Aliansi Pemuda Peduli Rohingya

  • www.nusabali.com-aksi-aliansi-pemuda-peduli-rohingya

Pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Rohingya (APPR) menggelar aksi damai sekaligus penggalangan dana di perempatan Jalan PB Sudirman dan Jalan Puputan Niti Mandala, Denpasar, Jumat (8/9) siang.

DENPASAR, NusaBali
Aksi dimulai sekitar pukul 13.00 Wita yang diawali dengan berkumpul di Masjid Al-Furkon yang berlokasi 200 meter dari lokasi kegiatan. Dari masjid tersebut tampak puluhan peserta aksi yang berasal dari berbagai organisasi kepemudaan Islam ini berjalan menuju lokasi dengan membawa panji-panji masing-masing organisasi. Tampak juga beberapa sepanduk dan poster bertulisakan ‘Kita Indonesia, Solidaritas Sesama’, ‘Peduli Rahingya’ dan lain sebagainya. Tampak juga beberapa anak-anak yang sedang menggunakan pakaian sekolah ikut dalam aksi solidaritas tersebut. 

Kordinator Lapangan Aksi Solidaritas dan Penggalangan Dana, Ilham Effendy mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemuda Indonesia kepada sesama. Pihaknya menekankan tidak ada unsur agama, etnis ataupun ras tertentu dalam pelaksanaan aksi kali  ini. “Jadi ini adalah aksi solidaritas kemanusiaan, tidak ada ras, etnis ataupun agama tertentu di sini,” tegasnya.

Ilham menjelaskan, kasus yang dialami oleh umat Muslim Rohingya sudah tergolong kejahatan. Untuk itu pihaknya ingin mengajak generasi muda untuk menunjukkan rasa solidaritasnya dalam berbagai jenis kasus yang salah satunya adalah yang dialami Rohingya saat ini. 

Dalam aksi tersebut, berbagai organisasi turut dilibatkan, seperti GP Ansor, Himpunan Mahasiwa Islam (HMI), IMM, Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Muslim Indonesia (KAMI). *cr63

Komentar