nusabali

Pengawasan TKA Diintensifkan

  • www.nusabali.com-pengawasan-tka-diintensifkan

Tim Pengawasan Tenaga Kerja Asing  (Tim PTKA) Bali yang dikoordinir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral, mengintensifkan pemantauan maupun pengawasan perusahan-perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing.

Antisipasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

DENPASAR, NusaBali 
Di antaranya perusahaan di sektor pariwisata, perikanan dan lainnya. Pengawasan dilakukan jangan sampai ada tenaga kerja asing ilegal. Misalnya menggunakan visa wisata namun di Bali juga direkrut atau menjadi pekerja. Jelas merupakan pelanggaran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral Ni Luh Made Wiratmi, Jumat (8/9) mengatakan hal tersebut. Wiratmi menyatakan bukan asal bicara. Karena faktanya ada indikasi pelanggaran,  rekrutmen tenaga kerja asing ilegal. Beberapa temuan belakangan ini menunjukkan pemanfaatan tenaga asing ilegal. “Beberapa waktu lalu 2 orang diamankan Tim Pengawas,” ungkap Wiratmi. 

Keduanya berkewarganegaraan China.  Keduanya dipergoki bekerja sebagai Event Oganizer (EO) di sektor pariwisata.  “Sudah koordinasi dengan Imigrasi untuk  dideportasi,” kata Wiratmi. 

Selain koordinasi intensif dengan pihak Imigrasi dan kepolisian, pengungkapan pemanfaatan tenaga kerja asing ilegal banyak atas laporan dari masyarakat. “Laporan masyarakat juga sangat membantu pengungkapan,” tandas  Wiratmi.  

Kata Wiratmi hal itu menunjukkan peran pengawasan oleh masyarakat, yang memang dibutuhkan pemerintah. *k17

Komentar