nusabali

PDIP Umumkan Cagub-Cawagub Jatim Hari Minggu?

  • www.nusabali.com-pdip-umumkan-cagub-cawagub-jatim-hari-minggu

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menggelar rapat konsolidasi di Malang, Jawa Timur, Minggu (10/9).

PROBOLINGGO, NusaBali
Mungkinkah itu jadi hari PDIP mengumumkan bakal calon gubernur-cawagub Jatim yang diusung  Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah selesai sowan ke KH Mutawakkil Alallah, pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jumat (8/9).

Pada pertemuan itu, KH Mutawakkil berpesan agar PDIP mendukung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai calon Gubernur Jatim. "Untuk wakil, seperti yang disampaikan Kiai Mutawakkil, bahwa para kiai NU di Jawa Timur bersepakat untuk wakil diserahkan sepenuhnya pada pertimbangan, kebijakan, dan keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Basarah kepada wartawan, seperti dilansir detikcom.

Siapa calon wakil yang disodorkan PDIP? "Tunggu hari Minggu besok," jawab Basarah. Namun dia menolak menjawab saat ditanya cagub yang akan diusung merupakan kepala daerah. "Saya belum bisa menyimpulkan dari kepala daerah atau bukan kepala daerah dan sebagainya," kata Basarah. "Kita tunggu, kita perlu kesabaran revolusioner untuk menunggu siapa," sambung Basarah.

Dia memastikan Megawati ingin kerja sama dengan NU terus terjalin, termasuk untuk pilkada serentak. Sebab, banyak kader NU yang memiliki kemampuan memimpin.

"Ibu Mega ingin menjalin hubungan kerja sama yang lebih baik lagi, baik dalam konteks bangsa dan negara maupun konteks politik, seperti di dalam pilkada di seluruh Indonesia ini," kata Basarah. "Kita tahu banyak kader-kader NU yang mumpuni, yang layak memimpin daerah, dan atas dasar itu Bu Mega meminta pertimbangan," terang Basarah.

Upaya menyerap aspirasi kiai dan ulama NU di Jatim, disebut Basarah, menjadi hal yang serius bagi Megawati dalam memutuskan kebijakan, termasuk menyangkut Pilgub Jatim. "Sehingga saya pastikan saran, pendapat, dan usulan alim ulama di Jatim ini tentang pilgub Jatim merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Ibu Megawati sebagai referensi mengambil keputusan tentang Pilgub Jatim," kata Basarah.  *

Komentar