nusabali

Tinggi, Minat Warga Gianyar Jadi TKI

  • www.nusabali.com-tinggi-minat-warga-gianyar-jadi-tki

Minat warga Gianyar bekerja di luar negeri sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) cukup tinggi. Tahun 2016, ada 776 warga Gianyar jadi TKI.

GIANYAR, NusaBali
Dari jumlah itu, 601 orang TKI murni, sisanya 175 orang  karena penempatan oleh perusahaan dari Bali. Senin (4/9), di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar AA Dalem Jagatdhita SH didampingi Kepala UPT Layanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerajaan Kabupaten Gianyar AA Eka Dharma Kusumawati SH mengatakan, tingginya minat warga Gianyar untuk bekerja di luar negeri didukung oleh kemampuan SDM masing-masing. Dari 601 TKI asal Gianyar, 353 laki-laki dan 248 perempuan. Mereka terbanyak dari Kecamatan Ubud 220 orang, Payangan 108, Gianyar 91, Blahbatuh 58, Sukawati 56, Tegallalang 36, dan Tampaksiring 32.

Negara tujuan TKI asal Gianyar mencapai 33 negara. Negara tujuan paling diminati yakni Italia 265 orang, Turki 172, Amerika Serikat 17, Maldives 16, India 12, Denmark dan Dubai 11, Rusia 10, Cyprus 9 orang, dan Malaysia 7, dan sejumlah negara tujuan lainnya.

AA Eka Dharma Kusumawati menambahkan untuk membantu masyarakat pencari kerja atau lowongan kerja, Dinas Tenaga Kerja Gianyar membantu dengan berbagai terobosan. Di antaranya, bekerja sama dengan pengusaha atau penyedia lowongan pekerjaan. Oleh dinas, lowongan pekerjaan itu disampaikan kepada pencari kerja secara online dan Facebook Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar.

Dinas Tenaga Kerja Gianyar melalui UPT Layanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerjaan menyediakan sejumlah stand bagi perusahaan yang ingin menyediakan lowongan pekerjaan bagi pencari kerja.

Para pelamar bisa langsung datang ke UPT Layanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerjaan dan bertemu langsung dengan para penyedia lowongan pekerjaan. Bahkan para penyedia lowongan langsung melakukan tes, interview atau wawancara kepada pelamar pekerjaan di UPT. "Kami di UPT Layanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerjaan, terus mengupayakan kemudahan bagi pelamar untuk mengakses lowongan kerja ini,’’ jelas Agung Eka.*nvi

Komentar