nusabali

Warga Non Muslim Juga Dapat Daging Kurban

  • www.nusabali.com-warga-non-muslim-juga-dapat-daging-kurban

Ada yang berkesan pada perayaan Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Gianyar.

GIANYAR, NusaBali
Dari puluhan ekor hewan kurban yang disembelih, warga non muslim juga dapat bagian daging kambing. Seperti yang dilakukan umat muslim di Masjid Al A'la Gianyar, Sabtu (2/9) kemarin. Sebanyak 8 sapi dan 34 ekor kambing disembelih untuk selanjutnya dibagikan kepada 2.200 warga. Termasuk di antaranya disiapkan khusus sebanyak 60 paket daging kambing untuk warga sekitar masjid yang non muslim.

Menurut Ketua Panitia Hari Besar Agama Islam Kabupaten Gianyar, Nurwidyaswanto, kebiasaan ini sudah dilakukan secara turun temurun hingga saat ini. Hal tersebut sebagai ucap syukur dan berbagi kebahagiaan dengan warga sekitar masjid. "Ada beberapa panitia yang jalan ke rumah-rumah warga non muslim memberikan daging kambing. Jadi sebagai ungkapan syukur," jelasnya.

Sementara untuk pembagian hewan kurban pada umat muslim digunakan sistem kupon. "Supaya tertib dan rapi, kami sudah sebar 2.200 kupon," jelasnya. Ribuan umat yang kebagian daging tersebar di wilayah Kota Gianyar, Samplangan, Bukit Jati dan Sidan. Selain itu, pembagian daging juga menyasar para tahanan di rumah tahanan Gianyar. "Kami kirimkan ke sana sskitar 75 paket," ujarnya.

Dalam pelaksanaan kurban kali ini, sejumlah pejabat tinggi di Gianyar menyumbangkan sapi maupun kambing. Sebut saja misalnya Kapolres Gianyar berkurban seekor sapi, Bupati Gianyar 2 ekor sapi, Dandim 1616 Gianyar menyumbang 1 ekor kambing, dan Wakapolres Gianyar menyumbang 2 ekor kambing.

Di tempat terpisah, penyembelihan hewan kurban juga dilangsungkan pada H+1 Idul Adha 1438 H, yakni di Masjid Nurul Yaqin Sumabaung. Kegiatan pemotongan hewan qurban di pimpin ketua panitia hari raya kurban Hadi Subandia. Hewan Qurban yang disembelih atau dipotong sebanyak 13 ekor sapi yang dibagikan kepada 2.100 umat muslim di wilayah seputaran Semebaung, Margasengkala, Wanayu, Tegalinggah, Bedulu, Pejeng dan Buruan. *nvi

Komentar