nusabali

Gunakan ATM di Bank Cabang

  • www.nusabali.com-gunakan-atm-di-bank-cabang

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengimbau masyarakat tidak panik terkait gangguan layanan anjungan tunai mandiri (ATM) sejumlah bank di daerah itu, setelah Satelit Telkom I mengalami masalah teknis.

BI Bali soal Gangguan ATM


DENPASAR, NusaBali
"Umumnya perbankan mempunyai backup jaringan komunikasi data yang berfungsi  apabila jaringan komunikasi utama mengalami gangguan," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana, di Denpasar, Senin (27/8).

Menurut Causa, sekitar 11 persen dari 3.061 ATM dari sejumlah bank di Bali mengalami gangguan akibat masalah teknis di satelit Telkom tersebut. Namun perbankan di Bali telah mengambil antisipasi dampak dari gangguan satelit tersebut dengan melakukan kontijensi, seperti menggunakan jaringan komunikasi data cadangan dan berkoordinasi dengan perbankan. "Untuk transaksi tarik tunai dan transfer dana tetap dapat dilakukan," ucap Causa.

Causa mengimbau apabila masyarakat menemukan ATM bank yang tidak berfungsi alias offline, masyarakat dapat melakukan tarik tunai dan transfer dana melalui ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Causa mengungkapkan terdapat bank yang membebaskan biaya tarik tunai dari ATM bank lain, sehubungan adanya gangguan yang anomali atau kejadian tidak dapat diperkirakan sebelumnya itu.  Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan tarik tunai dan transfer dana melalui ATM di kantor cabang bank karena umumnya ATM di kantor cabang bank menggunakan saluran fiber optic, sehingga tidak terkena gangguan satelit itu.

"Masyarakat juga dapat melakukan transaksi tarik tunai dan transfer dana secara manual melalui teller," kata Causa. *ant

Komentar