nusabali

Sehari, Dua Rumah Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-sehari-dua-rumah-ludes-terbakar
  • www.nusabali.com-sehari-dua-rumah-ludes-terbakar

BPBD Kota Denpasar mengerahkan setidaknya 4 unit mobil pemadam kebakaran di Jalan Danau Tamblingan Denpasar.

Pemicunya Diduga Korsleting Listrik, Kerugian Ratusan Juta

DENPASAR, NusaBali
Kebakaran hebat kembali terjadi di dua lokasi berbeda di Denpasar pada, Selasa (12/1). Kebakaran pertama menimpa sebuah rumah permanen di Jalan Gunung Batur, Gang Carik nomor 1, Denpasar Barat sekitar pukul 09.00 Wita, lalu peristiwa serupa menghanguskan sebuah rumah yang terletak di Jalan Danau Tamblingan nomor 99 B, Denpasar Selatan. Pada dua lokasi kebakaran itu, diduga kuat terjadi akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting).

Dalam kebakaran di Jalan Gunung Batur, Gang Carik nomor 1, Denpasar Barat, sebuah rumah permanen milik Nyoman Astawa,41, terjadi sekitar pukul 09.00 Wita. Beruntung warga yang melihat musibah itu langsung menghubungi pihak kepolisian dan pemadam kebakaran. Selang 15 menit, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun ke lokasi dan melakukan penanganan. 

"Dugaan awal adalah hubungan pendek arus listrik. Rumah permanen yang terbakar itu bagian atapnya," ujar Kapolsek Denpasar Barat, Kompol Wisnu Wardana. Saat musibah terjadi, tidak ada orang di dalam rumah, sehingga nihil korban jiwa. Ditambahkannya, warga yang cepat memanggil petugas pemadaman membuat api dengan cepat ditangani. Kerugian yang diderita korban Nyoman Astawa diperkirakan mencapai Rp 100 juta. 

Sementara kasus kebakaran kedua sekitar pukul 15.45 Wita menimpa sebuah rumah sekaligus vila di Jalan Danau Tamblingan No 99B, Denpasar Selatan. Rumah berlantai II yang terbuat dari atap alang-alang itu hangus seketika saat percikan api muncul dari dalam rumah yang dibangun di atas tanah seluas 5 are itu.

Kapolsek Denpasar Selatan, Kompol Nanang Prihasmoko mengungkapkan jika kebakaran itu diduga kuat dipicu oleh hubungan pendek arus listrik. Seketika, api dengan cepat menyambar bagian atap rumah berlantai dua itu. Kuatnya tiupan angin membuat api dengan cepat membakar rumah. Ditambah, atap yang terbuat dari alang-alang membuat api semakin cepat menjalar. 

"Atapnya itu pakai alang-alang. Namanya api kalau sambar alang-alang pasti sangat cepat merembet dan seketika rumah itu ludes," ungkapnya. Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kota Denpasar mengerahkan setidaknya 4 unit mobil pemadam kebakaran. Kuatnya tiupan angin ditambah rumah yang terbuat dari bahan mudah terbakar membuat petugas sedikit kewalahan. "Tapi, kerja keras petugas dari 4 unit mobil Damkar di lokasi membuat api dengan segera dijinakkan," imbuh Kompol Nanang. Dalam musibah itu kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 7 da

Komentar