nusabali

Lomba Nyuun Sokasi Berlangsung Semarak

  • www.nusabali.com-lomba-nyuun-sokasi-berlangsung-semarak

SMA Pariwisata Saraswati, Klungkung menggelar aneka lomba, serangkaian HUT ke-39, pada Selasa (12/1).

SEMARAPURA, NusaBali
Selain meningkatkan kreatifitas siswa, lomba ini bertujuan melestarikan warisan budaya Lilal, antara lain lomba Nyuun Sokasi.

Kepala SMA Pariwisata Saraswati I Gusti Made Suberata, saat ditemui di sela-sela lomba mengatakan, lomba Nyuun Sokasi untuk membangkitkan nilai-nilai budaya yang hampir tergerus zaman. Mengingat di era globalisasi ini, khususnya kalangan generasi muda terkesan enggan nyuun sokasi. “Nyuun sokasi bagi yang kurang terbiasa memang tidak mudah,” katanya, didampingi Ketua Panitia Kegiatan I Made Kasjana.

Dalam lomba Nyuun Sokasi berlangsung terlihat para peserta banyak yang masih kaku. Bahkan ada peserta yang menyerah di tengah jalan. Kata Kasek Berata, kalau di zaman dulu baik kaum perempuan dan laki-laki sudah terbiasa nyuun sokasi ketika ke pura, acara sosial dan sebagainya. “Malui lomba ini, kami ingin mengajak siswa agar melestarikan warisan budaya dan meningkatkan rasa kekeluargaan di internal seskolah,” katanya.

Puncak HUT pada 16 Januari, juga diisi aneka lomba lainnya, seperti lomba tarik tambang, set up table, cooking kontes, making bed, pembacaan UUD 1945, catur dan sebagainya. 7 w

Komentar