nusabali

Messi Superior di Ajang Ballon d'Or

  • www.nusabali.com-messi-superior-di-ajang-ballon-dor

Hanyalah Cristiano Ronaldo yang jadi pesaing terdekat dan masih berpotensi menyalip torehan Messi.

ZURICH, NusaBali
Untuk kelima kalinya, Lionel Messi memenangi trofi Ballon d'Or. Trofi kelima itu diyakini tidak akan jadi trofi Ballon d'Or terakhir untuk Messi. Messi mengantongi suara sebesar 41,33 persen mengungguli pesaing terdekat, Cristiano Ronaldo, yang mendapatkan 27,76 persen suara serta Neymar dengan perolehan suara 7,6 persen. 

Messi naik ke atas panggung untuk menerima trofi tersebut dari Kaka, Pemain Terbaik Dunia tahun 2007 dalam malam penganugerahan yang berlangsung di Zurich Kongresshaus, Zurich, Swiss, Selasa (12/1) dini hari. Messi datang dan merayakan keberhasilannya bersama istri, Antonella Roccuzzo, dan putranya, Thiago.

Lima gelar Ballon d'Or – sejak berdiri sendiri sampai dilebur dengan FIFA World Player of The Year – menasbihkan bahwa Lionel Messi superior sebagai individu. Begitu pula Barcelona, yang punya pemenang terbanyak di ajang itu. Bintang Barcelona dan tim nasional Argentina itu meraihnya pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015. Pada tahun 2013 dan 2014, Messi hanya jadi penonton karena bola emas itu jatuh ke Cristiano Ronaldo dan itu membuat ‘si kutu’ mulai ‘gatal’. 

Saking superiornya Messi di ajang ini, raihannya cuma bisa dikalahkan oleh gabungan seluruh pemenang Ballon d'Or asal Jerman (7 kali), Belanda (7 kali), dan Prancis (6 kali) sebagaimana dicatat Infostrada. Sejauh ini, sebagai individu hanyalah Cristiano Ronaldo seorang yang jadi pesaing terdekat dan masih berpotensi menyalip torehan Messi. Kemenangan Messi untuk kelima kalinya dalam ajang yang digelar di Zurich juga mencatatkan Barca sebagai tim yang paling banyak mengirim pemenang. Total sudah 11 kali pemain Barca memenangi ajang tersebut, tiga lebih banyak dari tim pesaing terdekat seperti Real Madrid, Juventus, dan AC Milan.

Bagi Messi, ini adalah pencapaian luar biasa. “Bisa naik ke atas panggung ini lagi adalah sebuah momen yang spesial buat saya. Akhirnya saya bisa meraih Ballon d'Or lagi setelah sebelumnya hanya jadi penonton, menyaksikan Cristiano memenanginya. Ini yang kelima, luar biasa,” ungkapnya dilansir detikcom. “Saya ingin berterima kasih kepada orang-orang yang memberikan voting untuk saya dan saya juga ingin berterima kasih kepada rekan-rekan setim,” imbuh ‘Si Kutu’. Tahun 2015 memang menjadi tahun yang luar biasa buat Messi dan juga timnya, Barcelona. Tahun lalu, mereka sukses meraih treble (La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions) dan menutup tahun dengan raihan Piala Dunia Antar klub.

Dalam data yang dilansir oleh Mister Chip, Messi mampu mencatatkan sebanyak 45 kemenangan dari 61 pertandingan yang dilakoni, 11 kali menuai hasil imbang, dan cuma lima kali merasakan kekalahan di sepanjang musim lalu. Dalam laga-laga itu, Messi mampu tampil gemilang dengan menyumbangkan sebanyak 52 gol, dan juga 27 assist. Selain itu raihan lima gelar juara di tahun lalu kian menegaskan begitu cemerlangnya Messi. Dalam komparasi yang dilansir oleh Opta, Messi juga masih lebih baik dari dua finals Ballon d'Or lainnya, Cristiano Ronaldo dan juga Neymar. 

Di tahun 2015, Messi dan Ronaldo sama-sama mencatatkan 48 gol. Dalam hal rata-rata gol per pertandingan, Ronaldo sedikit lebih unggul dari Messi. Messi mencatatkan 0,86 gol per pertandingan, sementara Ronaldo mempunyai rata-rata 0,06 gol lebih banyak. Sementara soal assist, Messi unggul jauh dari Ronaldo maupun Neymar. Dia bisa mencatatkan 24 assist, sementara Ronaldo cuma 13 assist, dan Neymar mencatatkan 14 assist. Untuk urusan konversi gol, Neymar menjadi yang terbaik. Dia bisa membukukan shot conversion sebesar 22,1 persen. Messi ada di posisi kedua dengan catatan 21,4 persen, dan shot conversion Ronaldo sebesar 16 persen.

Bagaimana dengan Ronaldo menanggapi kemenangan Messi? Sekali pun rival, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menyimpan respek satu sama lain. Ronaldo bahkan tidak segan-segan memberikan pujian untuk Messi. Sebelum penganugerahan FIFA Ballon d'Or 2015, Ronaldo dan Messi serta Neymar sebagai kandidat peraih penghargaan duduk bersama untuk menjawab sejumlah pertanyaan dari jurnalis. 

Dalam konferensi pers itu, Ronaldo menilai Messi dan Neymar punya peluang lebih besar. Oleh karenanya, ia tak merasakan beban sama sekali. Kendati cukup yakin dengan kemampuan dirinya sendiri. Ronaldo juga mengakui bahwa Messi punya kelebihan. Kalau bisa memilih, Ronaldo ingin memiliki kaki kiri seperti Messi. “Saya mau saja memiliki kaki kiri seperti Messi. Kaki kirinya betul-betul luar biasa,” kata Ronaldo. 7

Komentar