nusabali

Jaring Caleg, PSI Gandeng Mahfud MD dan Bibit Samad

  • www.nusabali.com-jaring-caleg-psi-gandeng-mahfud-md-dan-bibit-samad

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran calon legislatif untuk Pemilu 2019. 

DPW PSI Bali Juga Buka Pendaftaran Caleg 

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum PSI Grace Natalie menyebut partainya sejauh ini sudah memiliki 'SIM' dan 'STNK'.

"Selama 3 tahun ini kami sudah punya kendaraannya, 'STNK'-nya sudah dapat, 'SIM'-nya sudah dapat. Secara resmi membuka open recruitment untuk caleg," kata Grace di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim no 194, Jakarta Pusat, Minggu (27/8). PSI dikatakan Grace juga menggandeng 7 tokoh untuk menjadi juri dalam melakukan penjaringan calon wakil rakyat dari PSI. Mulai dari mantan Ketua MK Mahfud MD hingga mantan Pimpinan KPK Bibit Samad Rianto.

"Kami akan punya panel juri yang akan menentukan apakah orang ini layak tidak jadi caleg," ujar Grace. Adapun ketujuh tokoh tersebut, yakni mantan Pimpinan KPK Bibit Samad Rianto, mantan Ketua MK Mahfud MD, dosen Universitas Indonesia Hamdi Muluk, Pakar Pertahanan LIPI Jaleswari Pramodhawardani, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik UI Sri Budi Eko Wardhani, entrepreneur di bidang media Wishnutama Putra, dan mantan Komisioner Neng Dara Afifah

Untuk menjadi caleg dari PSI, Grace menyatakan tak ada yang rumit. Calon yang ingin bergabung dipersilakan untuk mendaftar online di www.psi.id atau mendatangi langsung basecamp PSI di seluruh provinsi di Indonesia. Grace menyebut PSI menyasar caleg muda. Menurutnya saat ini politik hanyalah alat, sehingga PSI menarik orang-orang baik untuk memperbaiki legislatif.

"Ada 560 anggota dewan tapi kita mau nyebutkan 10 aja susah. Politik hanyalah alat. Oleh karena itu kita harus menarik sebanyak-banyaknya orang baik," ucapnya dilansir detik.com. Sebagai informasi, PSI belum mendapat verifikasi dari KPU. Kendati demikian, PSI sudah mendapat verifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2016.

Pembukaan pendaftaran bakal Caleg juga dilakukan DPW PSI Bali. Ketua DPW PSI Bali, I Nengah Yasa Adi Susanto menyebutkan PSI sudah pasti akan menjadi peserta pemilu 2019 mengingat segala kesiapan verifikasi KPU sudah diselesaikan. Sehingga kerja selanjutnya adalah mempersiapkan proses pendaftaran bacaleg yang akan diusung oleh PSI Bali. 

“Administrasi mengenai verifikasi KPU sudah kami rampungkan, sementara kami akan mempersiapkan proses bacaleg PSI,” ungkap Adi Susanto di Denpasar, Minggu (27/8).

Sambil menunggu proses verifikasi KPU, PSI juga tengah mempersiapkan calon-calon legislatifnya. Bakal Calon Legislatif PSI terdiri dari kader internal dan eksternal partai. *sur

Komentar