nusabali

Wapres Bakal Buka Jambore Hipmi 2017

  • www.nusabali.com-wapres-bakal-buka-jambore-hipmi-2017

Wakil Presiden Jusuf Kalla akan membuka Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2017 yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, 10-14 Oktober.

JAKARTA, NusaBali
"Karena pada saat tahun kemarin, kita bikin jambore perguruan tinggi se-ASEAN, dibuka oleh Bapak Presiden, diharapkan kita tahun ini dapat dibuka Pak Wapres," kata Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadalia usai menemui Wapres RI di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (21/8).

Menurut Bahlil, Wapres telah menyampaikan kesediaan dan arahan untuk membuka acara yang ditargetkan dapat diikuti 4.500 peserta dari seluruh Indonesia. "Tadi Pak Wapres juga memberikan arahan-arahan untuk Hipmi, salah satunya melibatkan sektor perbankan sebagai instrumen pembiayaan," kata dia.

Terkait hal itu, Bahlil mengatakan Hipmi  tengah mencoba mencari alternatif pembiayaan untuk mendorong pemuda Indonesia menjadi wirausaha dengan memberikan pinjaman modal usaha dengan inseftif yang sesuai. "Bisa bunga rendah atau cicilan 'flat' itu yang terus kita cari carikan bank yang mau berpartisipasi," kata dia.

Selain modal, Wapres juga menanggapi keluhan Hipmi terkait perizinan dan regulasi melakukan bisnis di Indonesia. "Pak Wapres tadi juga mengatakan pemerintah terus menggenjot kemudahan dalam berusaha, ini juga patut diapresiasi," kata dia. Bahlil berharap kehadiran Wapres untuk membuka Jambore Hipmi ke-2 dapat membangkitkan semangat generasi muda Indonesia untuk memulai usaha. 

Berdasarkan skala Bank Dunia, idealnya jumlah wirausahawan di Indonesia mencapai 4 persen dari total populasi yang sekitar 260 juta, namun saat ini baru mencapai 1,6 persen. *ant

Komentar